Cara Mengatasi Bau Mulut

CaraKomplit.com – Tidak ada satu orangpun ingin mengalami bau mulut, namun hal ini tidak bisa dihindari. Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang paling umum adalah bakteri. Penyebab bau mulut lainnya adalah infeksi hidung dan tenggorokan. Jika bau mulut adalah masalah yang menyebalkan bagi anda, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Sikat gigi hingga bersih, tidak ada daging dan makanan lain yang tersisa. Sikat gigi dalam berbagai arah sehingga gigi benar-benar bersih. Jangan lupa untuk membersihkan lidah. Saat ini ada banyak produk sikat gigi yang berisi pembersih lidah, anda bisa memakainya untuk membersihkan lidah. Jika masih ada makanan yang tersisa di dalam mulut, ini adalah lingkungan yang tepat bagi bakteri untuk tumbuh dan menimbulkan bau mulut.
  2. Setelah menggosok gigi, kumur hingga tidak ada busa tertinggal di dalam mulut anda. Ini adalah bagian terpenting dari sikat gigi karena berkumur tidak hanya mampu menghilangkan sisa pasta gigi, namun juga membersihkan semua kotoran di dalam mulut.
  3. Setelah melakukan kedua tahapan diatas, jangan makan lagi terlebih jika anda sikat gigi menjelang tidur. Banyak minum air juga baik untuk mengatasi bau mulut. Jangan makan atau minum yang lain 30 menit setelah anda gosok gigi.
  4. Makanan bisa menimbulkan bau mulut. Oleh sebab itu, solusi terbaik mengatasi bau mulut adalah dengan menghindari makanan-makanan pemicu bau mulut, seperti bawang merah, bawang putih, daging, telur, susu, dan makanan bergula. Menghindari bukan berarti anda tidak boleh memakannya, melainkan jangan memakannya menjelang tidur karena bisa menimbulkan bau mulut keesokan harinya. Sebagai gantinya, buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut dan melancarkan sistem pencernaan. Jika anda suka makan sayur, pilihlah sayuran berwarna hijau karena efektif untuk mengatasi bau mulut. Beberapa bahan makanan seperti peppermint, parsley, dan spearmint memiliki kemampuan alami untuk mengurangi bau mulut.
  5. Tips penting lain untuk mencegah bau mulut adalah biasakan minum cukup air setelah makan. Jangan biarkan sisa makanan bersarang di dalam mulut karena ini bisa memicu munculnya bau tidak sedap. Anda yang tidak suka minum harus membiasakan diri untuk minum cukup air setelah makan. Air bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Jadi selain merawat dari luar, air juga melakukan terapi dari dalam.
  6. Periksakan diri secara teratur ke dokter. Anda tidak tahu apakah mulut anda akan terus dalam kondisi sehat. Dengan rutin ke dokter gigi, anda akan tahu bagaimana kesehatan mulut dan gigi anda. Jika ada plak dan kotoran lain pemicu bau mulut, dokter akan membantu mengeluarkannya sehingga nafas anda menjadi segar kembali. Cara termudah untuk mencegah munculnya plak adalah dengan teratur menggosok gigi 2 kali sehari, saat bangun pagi dan sebelum tidur.
  7. Pakai produk penghilang bau mulut. Saat ini kita bisa menemukan banyak produk penghilang bau mulut yang bekerja dengan sangat efektif. Produk tersebut tidak hanya berupa cairan yang mengandung bahan kuat, namun juga ada yang dibentuk menjadi permen karet atau makanan lain. Produk ini memang efektif, namun anda harus tetap memperhatikan cara pemakaiannya. Contohnya adalah permen untuk mengatasi bau mulut. Walaupun efektif, tetap saja permen tersebut mengandung gula yang tidak baik untuk kesehatan mulut. Atau mouthwash yang mengandung bahat kuat. Terlalu lama berkumur dengan mouthwash juga tidak baik, oleh sebab itu anda benar-benar harus memperhatikan cara pakainya.
  8. Hindari merokok karena ini tidak baik untuk kesehatan gusi. Tidak hanya itu, merokok juga bisa menimbulkan noda di gigi serta bisa memicu munculnya kanker mulut

Nah, itu adalah beberapa cara mengatasi bau mulut. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.