Cara Mencegah Penuaan Dini

CaraKomplit.com – Penuaan akan terjadi pada siapa saja. Namun proses penuaan tidak sama antar setiap orang. Beberapa orang terlihat masih sama di usia mereka yang ke-30 dan 40, sementara yang lainnya mengalami perubahan wajah yang signifikan pada rentang usia tersebut. Jika seseorang mengalami perubahan pada wajah secara signifikan, kemungkinan ia mengalami penuaan dini. Ada berbagai hal yang bisa memicu penuaan dini, seperti gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang salah. Tanda-tanda penuaan dini beragam, sepert kulit keriput dan flek hitam. Jika anda ingin mencegah penuaan dini, silakan lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Hindari merokok. Merokok masih menjadi salah satu faktor terbesar penyebab penuaan dini. Tidak peduli apakah anda perokok aktif ataupun pasif, asap rokok yang masuk ke dalam tubuh sangat tdak baik. Ini akan membuat kulit lebih cepat berkerut dan kering. Penyebabnya adalah karena rokok bisa mengurangi kadar vitamin C di dalam tubuh, padahal kita tahu bahwa vitamin C sangat penting untuk menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rokok sama buruknya dengan sinar matahari dalam merusak jaringan kulit.
  2. Hindari paparan sinar matahari langsung. Seseorang yang sering berada di luar ruangan terpapar matahari langsung akan lebih cepat mengalami kulit keriput. Bahkan kanker juga bisa dipicu oleh sinar matahari. Oleh sebab itu, jika anda ingin mencegah penuaan dini, jangan biarkan kulit terlalu sering terpapar sinar matahari, terutama di siang hari saat matahari sedang terik. Sinar matahari ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, sinar matahari diperlukan oleh tubuh, namun di sisi lain juga bisa merusak jaringan kulit. Cara paling mudah untuk menangkal efek negatif dari sinar matahari adalah dengan memakai tabir surya atau sunblock. Setiap daerah memiliki paparan sinar matahari yang berbeda-beda. Ini akan mempengaruhi jenis sunblock yang harus anda pakai. Tips penting lainnya adalah hindari bepergian di terik matahari, terutama dari jam 11 hingga 2 siang. Kalaupun anda harus keluar, pakai pakaian yang melindungi kulit tubuh secara maksimal, misalnya celana panjang, kemeja lengan panjang, dan topi.
  3. Untuk mencegah penuaan dini, pilihlah makanan yang tepat. Kulit memiliki jaringa hidup yang harus selalu dinutrisi setiap hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit, kulit anda akan terlihat lebih bersih, cerah, dan bersinar. Makanan terbaik tentu saja buah dan sayuran karena kedua jenis makanan ini banyak mengandung antioksidan yang berperan dalam mencegah radikal bebas dan penuaan dini.
  4. Tips berikutnya adalah perbanyak olahraga. Distribusi makanan ke seluruh tubuh dibantu oleh darah. Karena olahraga mampu memperlancar peredaran darah, anda sebaiknya rutin melakukan olahraga minimal seminggu sekali. Tidak hanya untuk kesehatan kulit, namun juga untuk menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.
  5. Stress juga bisa mempercepat proses penuaan. Untuk mencegah penuaan dini, jangan biarkan diri anda mengalami stress yang berkepanjangan. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stress, seperti bermain, relaksasi, mendengarkan musik, berolahraga, dll.
  6. Hindari suhu dingin. Mengapa? Suhu yang terlalu dingin bisa menghilangkan kelembaban di permukaan kulit anda, membuatnya lebih mudah berkerut. Oleh sebab itu, jika anda ingin bepergian ke tempat dengan suhu yang sangat dingin, jangan lupa aplikasikan pelembab di permukaan kulit dan pakai baju hangat.
  7. Alkohol juga bisa memicu penuaan dini karena minuman ini bisa merusak pembuluh darah dalam jangka panjang. Pada takaran tertentu, minuman beralkohol baik untuk tubuh. Namun jika anda memiliki kebiasaan minum hingga mabuk, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.