Cara Memperkuat Daya Ingat

Cara Memperkuat Daya IngatCara Memperkuat Daya Ingat – Apa anda sering melupakan hal-hal penting yang seharusnya tidak anda lupakan? Jika hal ini terjadi pada anda berarti anda mengalami problem ingatan yang cukup parah. Namun anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diobati. Untuk memperkuat daya ingat, silakan anda lakukan beberapa tips berikut ini:

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperkuat daya ingat adalah tetap aktif secara mental. Misalnya anda bisa melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik secara langsung akan menstimulasi pikiran dan daya ingat kita. Dengan rutin berolahraga kita juga bisa menunda pikun yang sering dialami oleh manusia di atas usia 50 tahun. Tidak hanya berolahraga, anda juga bisa melakukannya dengan bermain, misalnya bermain puzzle atau sudoku. Membaca juga mampu melatih otak agar tidak cepat pikun. Anda bisa mengawali pagi hari anda dengan membaca koran atau mencari informasi di internet.

Tips kedua untuk memperkuat daya ingat adalah bersosialisasi. Bersosialisasi adalah salah satu kebutuhan manusia paling utama. Dengan bersosialisasi kita bisa melepaskan kejenuhan dan stress dalam pikiran yang merupakan salah satu penyebab menurunnya kualitas ingatan. Selain itu bersosialisasi juga bisa membuat mood kita stabil. Anda bisa nongkrong bersama teman-teman dekat, ngedate bersama pacar, atau mengobrol dengan orang tua. Hal penting lain untuk memperkuat daya ingat adalah dengan tetap terorganisir. Apakah anda tipikal orang yang suka dengan kekacauan? Jika iya segera rapikan kamar tidur anda. Jika kamar tidur anda sudah tertata rapi, anda akan lebih mudah menemukan sesuatu. Hal yang sama juga berlaku untuk jadwal kegiatan harian anda. Anda harus belajar mengatur agenda harian anda karena hal ini secara tidak langsung sudah melatih kemampuan berpikir.

Tetap fokus! Ini juga merupakan cara yang efektif untuk memperkuat daya ingat. Jika anda suka mengerjakan hal setengah-setengah, anda sebaiknya belajar bagaimana menyelesaikan sebuah tugas hingga kompit baru mengerjakan pekerjaan lainnya. Hal yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tidak hanya berfungsi untuk menjaga daya ingat, namun juga untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan. Beberapa makanan yang sangat dianjurkan adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, daging, dll. Sedangkan untuk minuman, anda sebaiknya menghindari alkohol karena ini tidak baik untuk kesehatan otak.

Jika anda mengalami penyakit pikun yang sudah parah, anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Dokter mungkin bisa memberikan pengobatan yang lebih baik utnuk penyakit tersebut. Selain itu penyakit pikun juga bisa dipicu oleh penyakit lain di dalam tubuh. Jika anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi, depresi, atau diabetes, mungkin penyakit ini yang menyebabkan anda sering pikun. Semakin baik anda memelihara kesehatan tubuh anda, semakin baik pula kesehatan pikiran anda. Nah, itu adalah beberapa tips untuk memperkuat daya ingat.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.