Cara Memelihara Kesehatan Mata

CaraKomplit.comMemelihara kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat saja, namun ada beberapa ritual yang harus rutin anda lakukan agar mata tetap bekerja dengan baik. Berikut adalah beberapa tips penting memelihara kesehatan mata:

  1. Seperti yang sudah sering kita dengar, mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Buah dan sayur adalah alternatif terbaik dalam hal ini. Anda bisa mengkonsumsi  wortel karena sayuran ini mengandung beta karoten yang berfungsi untuk mengurangi penyakit degeneratif pada mata. Ada beberapa makanan lain yang bisa anda konsumsi. Brokoli, paprika, dan toge juga baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin C yang tinggi. Sayuran ini mungkin kurang menggugah selera. Namun jika anda tahu cara membumbui dan memasaknya, maka konsumsi sayuran akan terasa menyenangkan. Salmon juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena ikan ini mengandung omega-3 yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Alternatif lainnya adalah bayam dan kentang manis. Kedua makanan ini kaya akan beta karoten yang juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.
  2. Jika anda memakai lensa kontak, hindari pemakaian secara terus-menerus selama 19 jam lebih karena justru bisa merusak mata. Selain itu jangan memakai kacamata 3D terlalu lama, ini terutama bagi anda yang suka menonton film 3D. Biasakan melepas lensa kontak sebelum tidur karena mata memerlukan suplai oksigen yang cukup. Lensa kontak akan menghambat masuknya oksigen ke mata sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah. Lepaskan lensa kontak jika anda ingin berenang. Jika lensa kontak bersentuhan air, benda ini akan mudah terlepas. Jika anda memakai kacamata renang, maka lensa kontak masih bisa dipergunakan.
  3. Untuk memelihara kesehatan mata, anda juga bisa meneteskan obat tetes mata. Kita bisa menemukan obat ini di apotek, di toko obat, atau dimana saja. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan mata dari debu, menghilangkan mata merah, dan melembabkan mata. Jika anda mengalami mata merah dan terasa gatal, segera teteskan obat agar mata menjadi bening kembali. Yang terpenting adalah pakai tetes mata hanya pada saat dibutuhkan. Memakai obat tetes mata untuk mata normal sama seperti mengkonsumsi obat flu saat tubuh sedang sehat, tidak ada gunanya sama sekali. Jangan lupa baca aturan pakai karena setiap obat tetes mata memiliki kandungan yang berbeda-beda.
  4. Tempelkan mentimun ke atas mata. Anda tentu sudah sering melihat orang yang sedang spa, matanya ditutupi oleh dua iris mentimun. Mentimun mengandung asam asorbic dan asam caffeic yang baik untuk memelihara kelembaban mata. Jika tidak ada mentimun, anda bisa memakai kantong teh. Basahkan kantong teh kemudian letakkan di atas kelopak mata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  5. Saat ini teknologi sudah semakin canggih, kacamata juga hadir dengan fungsinya yang beragam. Anda bisa memakai kacamata anti sinar UV untuk memelihara kesehatan mata. Pilihlah lensa terpolarisasi, jangan sekedar kaca mata hitam. Memakai kacamata hitam hanya akan membuat pupil mata melebar dan tidak ada hubungannya dengan penyaringan sinar UV.
  6. Kita tahu bahwa komputer memancarkan radiasi yang kuat, oleh sebab itu jangan berlama-lama berada di depan komputer. Jika anda harus berada di depan komputer karena urusan pekerjaan, sesekali alihkan perhatian pada hal lain, jangan memandang layar komputer secara konstan. Terlalu lama di depan komputer bisa menimbulkan mata lelah dan bisa menyebabkan sakit kepala. Jika ini terjadi, hentikan kegiatan selama beberapa saat. Pengaturan kecerahan pada layar komputer juga cukup membantu untuk mencegah mata lelah.
  7. Jangan membaca dalam kondisi gelap atau sebaliknya, jangan biarkan paparan sinar yang terlalu cerah masuk ke mata anda. Jika anda ingin membaca buku pada malam hari, posisikan lampu sedekat mungkin dengan buku agar tulisannya terlihat jelas.
  8. Anda juga harus melatih mata, misalnya dengan melatih fokus. Pandangi objek di depan mata, kemudian pandangi objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa kali agar otot mata lebih fleksibel.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.