Cara Membersihkan Hati dari Racun

CaraKomplit.com – Hidup di era globalisasi seperti sekarang, semuanya serba berlebihan. Otak kita bekerja berat siang malam karena tugas menumpuk, jantung menjadi tidak sehat karena pola makan yang salah, hati pun ikut-ikutan terkena imbasnya akibat pola makan yang tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi goreng-gorengan, makanan berlemak, dan makanan tidak sehat lain bisa membebani kerja hati. Sebelum situasi berubah menjadi sangat parah, sebaiknya anda mulai menjaga mulai dari sekarang. Salah satu masalah yang paling terjadi pada hati adalah karena menumpuknya toksin atau racun di dalam hati. Racun ini bukan berasa dari tubuh, melainkan kita dapatkan dari luar. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membersihkan hati dari racun. Yang pertama adalah mengkonsumsi makanan sehat:

Makanan untuk membersihkan hati dari racun

  1. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada setiap hari. Namun tahukah anda dengan sering mengkonsumsi bawang putih, berarti anda sudah membantu membersihkan racun di dalam tubuh? Bawang putih memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim yang bisa mendorong racun keluar tubuh. Kandungan lain dalam bawang putih yang penting untuk membersihkan hati adalah selenium dan alisin.
  2. Teh hijau tidak hanya bisa diminum untuk menenangkan pikiran, namun juga bisa untuk menjaga kesehatan hati. Teh hijau tinggi akan antioksidan yang mampu mendukung kinerja hati. Teh hijau juga sering dipakai untuk diet karena tanaman herbal ini bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh. Faktanya teh hijau memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Silakan konsumsi minuma ini setiap hati agar tubuh anda menjadi lebih fit.
  3. Sayur hijau adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kelengkapan nutrisi yang tinggi. Sayuran kaya akan serat sehingga anda menjadi cepat kenyang dan mampu menahan lapar lebih lama. Setiap jenis sayuran memiliki kandungan yang berbeda, namun umumnya semua sayur memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Dinamakan sayur hijau karena warnanya memang hijau, ini diperoleh dari klorofil di dalamnya. Klorofil merupakan zat yang mampu menarik racun dari dalam aliran darah serta mampu menetralisir berbagai zat berbahaya di dalam tubuh.
  4. Apel juga mampu membersihkan hati dari racun. Kandungan pektin di dalam apel cukup tinggi, dan zat ini memang berperan untuk membersihkan dan melepaskan racun dari dalam tubuh. Ini secara langsung juga berdampak pada hati yang kerjanya menjadi lebih ringan.
  5. Biji-bijian merupakan jenis makanan yang kaya manfaat, oleh sebab itu sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Anda bisa memasukkannya ke dalam menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Beberapa biji-bijian memiliki kandungan B kompleks yang tinggi. Zat ini mampu meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh.
  6. Lemon terasa menyegarkan dan cocok untuk pencuci mulut. Namun tahukah anda jika lemon juga berkhasiat untuk membersihkan hati dari racun? Seperti jeruk, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ini membantu tubuh untuk memecah racun menjadi zat-zat yang bisa diserap oleh air.

Tips lain membersihkan hati dari racun

  1. Hindari makanan siap saji. Sudah lumrah makanan siap saji mengandung bahan pengawet, lemak, dan kolesterol tinggi. Itulah mengapa orang yang suka mengkonsumsi makanan siap saji lebih rentan mengalami masalah kesehatan daripada mereka yang gemar mengkonsumsi makanan sehat. Sebisa mungkin kurangi makanan berlemak karena bisa ini bisa menyumbat hati dan menurunkan kinerjanya.
  2. Alkohol juga bisa berpengaruh pada kesehatan hati. Anda bisa membantu membersihkan hati dari racun dengan mengurangi konsumsi alkohol dan kafein. Masih ada banyak minuman tanpa alkohol dan kafein yang nikmat. Belilah buah-buahan segar, kemudian buat aneka minuman nikmat dengan bahan tersebut. Ini tentu lebih sehat karena minuman buatan sendiri tidak mengandung pengawet, pewarna, dan perasa buatan yang bisa menjadi racun bagi tubuh.
  3. Untuk membersihkan hati dari racun, anda juga sebaiknya meminum banyak air. Minum air sesuai anjuran yaitu 8 gelas atau 2 liter sehari. Tubuh perlu terus terhidrasi agar regenerasi sel tidak terganggu. Ini juga membuat hati bekerja secara lebih efisien untuk menetralisir racun di dalam tubuh.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.