Cara Berhenti Merokok

CaraKomplit.com – Banyak orang yang sudah mencoba berhenti merokok namun selalu saja gagal melakukannya. Hingga saat ini rokok masih menjadi masalah besar bagi seluruh penduduk dunia. Rokok memiliki dampak yang sama bahayanya dengan narkoba, hanya saja pemakaiannya dilegalkan di banyak negara. Anda mungkin sudah tahu bahwa rokok adalah salah satu pembunuh manusia terbanyak saat ini. Ada banyak masalah yang akan ditimbulkan jika seseorang kecanduan rokok, mulai dari meningkatnya resiko berbagai jenis penyakit (kanker, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dll) hingga masalah finansial karena perokok cenderung akan terus merokok jika ia tidak bisa menghentikan kecanduannya tersebut.

Perokok aktif mungkin sudah tahu betapa bahayanya merokok. Lalu mengapa mereka terus saja merokok? Itu karena rokok memiliki kandungan nikotin yang merupakan zat penyebab kecanduan. Namun selain itu, beberapa orang juga merokok karena masalah psikologis, seperti untuk mengatasi stress, dll. Jika anda benar-benar serius untuk berhenti merokok, temukan momen yang tepat, lalu lakukan usaha semaksimal mungin. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu anda keluar dari kebiasaan merokok:

  1. Buatlah sebuah agenda untuk berhenti merokok. Silakan ambil secarik kertas, kemudian dari tengah kertas tersebut, buatlah sebuah garis keluar dan isi dengan berbagai hal yang tidak anda sukai. Kemudian tarik lagi garis dari dalam keluar dan isi dengan hal lain yang tidak anda sukai. Setelah mengumpulkan semua hal yang tidak anda sukai, tanyakan kepada teman dan keluarga tentang apa yang mereka tidak suka dari anda. Jika mereka lebih suka melihat anda tidak merokok, maka sudah waktunya anda berkomitmen untuk berhenti merokok.
  2. Ambil kertas lain lalu tulis berbagai hal yang membuat anda kesulitan dalam berhenti merokok. Walaupun anda harus menulis kalimat yang sangat panjang, lakukan saja. Di samping setiap poin tersebut, silakan tulis beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk menaklukannya. Misalnya anda menulis poin, “Rokok sangat membuat kecanduan”, kemudian di sampingnya anda bisa tulis, “Saya akan mencari pengganti rokok”. Walaupun anda harus menulis hal negatif seperti “Rokok sangat membantu untuk menghilangkan stress”, silakan tulis saja. Semakin banyak poin yang anda tulis, semakin banyak pula anda memiliki metode untuk keluar dari kecanduan merokok.
  3. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai kampanye berhenti merokok. Agar lebih meyakinkan, anda bisa meminta orang lain menyaksikan, dan anda harus tanda tangani kertas tersebut sebagai bukti kesungguhan anda.
  4. Silakan tulis semua alasan kenapa anda harus berhenti merokok. Silakan tulis pada sebuah buku atau kertas kecil dan anda bawa kemanapun anda pergi. Dengan begini, anda akan selalu diingatkan tentang tujuan awal anda untuk berhenti merokok, dan ini juga merupakan pemberi motivasi yang sangat baik.
  5. Selama melakukan proses rehabilitasi, jauhkan diri anda dari puntung rokok. Jika masih memiliki banyak stok rokok di rumah, beranikan diri untuk membuang atau membakarnya. Sedangkan jika keinginan merokok tiba-tiba muncul saat melihat bungkus rokok, segera buka catatan tersebut dan ingat kembali tujuan awal anda untuk sepenuhnya lepas dari rokok.
  6. Alihkan perhatian pada hal lain saat keinginan merokok muncul. Saat menjalani sesi terapi ini, godaan merokok akan terus muncul dan menghantui pikiran anda. Jika anda lemah, maka anda bisa menggagalkan semua usaha yang telah anda lakukan. Oleh sebab itu, jadilah pribadi yang kuat. Setiap kali keinginan itu muncul, lakukan hal yang bisa mengalihkan perhatian anda seperti mencuci mobil, meminum teh atau kopi, mencuci muka, mengunyah permen karet, dsb. Silakan buat daftar khusus tentang hal-hal yang bisa anda lakukan saat rasa ingin merokok tersebut muncul. Bawalah catatan ini kemanapun anda pergi.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.