Cara Agar Tidak Mengantuk setelah Makan Siang

Cara Agar Tidak Mengantuk setelah Makan SiangCaraKomplit.com – Saat kita selesai makan siang, biasanya mata akan langsung mengantuk. Untuk melawan rasa ngantuk ini, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Namun sebelum membahas tentang tips ini, anda mungkin ingin tahu apa sebenarnya yang menyebabkan kita mengantuk setelah makan. Faktor pertama adalah L-Tryptophan. Ini adalah asam amino yang merupakan bahan utama pembentuk niacin, Vitamin B. Niacin merupakan zat untuk memproduksi serotonin. Anda mungkin sudah tahu bahwa serotonin mampu menimbulkan perasaan ngantuk dan nyaman.

Berikut adalah penjelasan lebih detilnya:

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi akan merangsang kelenjar pankreas untuk membuat insulin. Beberapa asam amino di dalam darah bersama dengan L-Tryptophan masuk ke dalam sel otot. Ini menyebabkan meningkatnya kadar L-Tryptophan sehingga produksi serotonin akan meningkat. Inilah yang menyebabkan kita mengantuk setelah makan. Selain itu, proses pencernaan juga memegang peranan dalam hal ini. Saat makanan yang masuk ke dalam tubuh banyak, maka semakin besar pula energi yang diperlukan untuk membakarnya. Pada kondisi seperti ini, darah akan semakin banyak dipasok ke sistem pencernaan. Pada saat yang sama, darah yang terdapat pada sistem saraf juga mengalir ke sistem pencernaan, menyebabkan sistem saraf kekurangan pasokan oksigen untuk sementara. Penurunan kerja saraf inilah yang menyebabkan tubuh merasa lelah dan mengantuk. Nah, setelah mengetahui 2 penyebab rasa kantuk setelah makan, berikutnya akan kita bahas cara agar tidak mengantuk setelah makan siang. Apa saja? Mari kita simak berikut ini:

Makan makanan sehat saat sarapan

Pagi adalah saat dimana tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas seharian, oleh sebab itu anda sebaiknya tidak melupakan sarapan. Makanan sehat sebaiknya anda masukkan ke dalam menu sarapan anda, seperti roti gandum, nasi, sereal, yogurt, dan buah. Makan sehat dan kenyang saat sarapan anda menguragi keinginan anda untuk memakan makanan tidak sehat di siang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cardiff University menunjukkan bahwa dengan rutin memakan sereal untuk sarapan, hormon kortisol pemicu stress akan berkurang.

Istirahat malam yang cukup

Ini juga mungkin salah satu penyebab anda cepat mengantuk setelah makan siang. Bagaimanapun kondisinya, kurang tidur saat malam hari akan membuat aktivitas anda tidak berjalan dengan optimal. Dalam kondisi yang biasa saja tubuh bisa merasa lelah dan mengantuk, apalagi mendapat asupan makanan hingga kenyang.

Berolahraga

Obesitas juga merupakan salah satu pemicu tubuh cepat mengantuk. Oleh sebab itu anda sebaiknya menjaga bobot tubuh agar tidak berlebihan. Melakukan olahraga secara rutin akan mampu menjaga semangat dan tubuh tetap fit. Saat tubuh dalam kondisi optimal, maka rasa mengantuk dan malas tidak akan mudah menghampiri. Rutinlah melakukan olahraga 2 hingga 3 minggu sekali. Olahraga  tidak harus yang berat-berat. Anda bisa melakukan jogging pada pagi hari sebelum beraktivitas.

Perhatikan makan siang anda

Menjaga asupan makanan juga sangat efektif untuk mencegah agar tidak mengantuk setelah makan siang. Tips pertama adalah hindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang tidak sehat karena banyak mengandung lemak, garam, gula, pengawet, dan penguat rasa. Makanan ini mungkin membuat tubuh merasa cepat kenyang, namun faktanya tidak terdapat cukup nutrisi di dalamnya. Tips kedua adalah kurangi tepung dan gula karena kedua zat ini bisa menyebabkan rasa kantuk jika dikonsumsi berlebihan. Kue-kuean, pasta, roti, dan semacamnya banyak mengandung gula dan tepung, maka dari itu hindari untuk makan siang. Selain itu anda sebaiknya menghindari makanan yang diproses, makanan yang tidak diproses jauh lebih sehat.

Makanan yang sebaiknya anda pilih adalah makanan yang rendah karbohidrat namun tinggi protein, ini akan membuat anda lebih terjaga dan bersemangat. Dengan mengkonsumsi makanan rendah karbo, tubuh anda tidak akan memproduksi insulin berlebih sehingga anda tidak merasa ngantuk. Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari adalah kentang, nasih putih, pasta, dan sejenisnya. Sebagai gantinya, menu yang sebaiknya anda coba antara lain kembang kol, paprika, labu, tomat, lobak, seledri, alpukat, mentimun, brokoli, zucchini, rebung, bawang, kecambah, kacang hijau, selada, sawi, kubis, jamur, dan wortel.

Jaga porsi makan anda

Bagaimanapun juga, porsi makan juga bisa mempengaruhi rasa kantuk. Memakan makanan dalam porsi berlebih akan membuat anda mudah merasa ngantuk karena sistem pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mencerna. Oleh sebab itu, makan siang sebaiknya jangan sampai kenyang, tapi sampai perut merasa cukup. Anda sendiri yang bisa menakar seberapa makanan yang pas untuk perut anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.