Tips Memberi Makan Bayi yang Baru Lahir

CaraKomplit.com – Bayi yang baru lahir memerlukan perhatian lebih terutama soal makanan. Anda harus benar-benar meluangkan waktu selama 24 jam sehari untuk mereka. Selain untuk menjaga asupan makanan, ini juga merupakan saat yang tepat untuk menguatkan ikatan antara kalian berdua. Berikut adalah beberapa tips memberi makan bayi baru lahir:

Hanya berikan ASI atau susu formula

Banyak pakar berpendapat bahwa ASI lebih baik daripada susu formula terutama di bulan-bulan pertama kelahirannya. Jika anda tidak mampu menyusui karena sesuatu hal, anda bisa memberikan susu formula. Bayi yang baru lahir hanya perlu susu untuk tumbuh besar dan sehat, tidak perlu tambahan jus atau cairan lainnya.

Berikan makan bayi saat dia menginginkannya

Kebanyakan bayi meminta susu 8 hingga 12 kali dalam sehari. Anda tidak harus menetapkan waktu terlalu ketat, cukup lihat ekspresi wajahnya. Jika ia menunjukkan tanda-tanda lapar, seperti menggerak-gerakkan anggota tubuhnya, segera berikan ia minum. Jika ia sudah cukup minum susu, segera bersihkan bibirnya dan hentikan sejenak. Jangan memberikan susu terlalu banyak setiap kali menyusui agar tidak kekenyangan. Seiring dengan bertambahnya usia, bayi anda akan memerlukan waktu yang lebih singkat setiap kali menyusui.

Berikan suplemen yang mengandung vitamin D

Ini juga cukup penting saat memberi makan bayi baru lahir. Anda bisa bertanya kepada dokter tentang pemberian suplemen bervitamin D kepada bayi. Vitamin D berguna untuk menyerap fosfor dan kalsium, 2 zat yang berperan dalam pembentukan tulang yang kuat. Karena susu tidak mengandung banyak vitamin D, bayi anda perlu mendapatkannya dari luar. Jika anda menyusui, silakan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D.

Pelajari pola makan bayi anda

Setiap bayi memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam meminum susu setiap hari. Selain itu jumlah susu yang diminumnya juga tidak sama setiap hari. Bayi yang baru lahir biasanya lebih sering meminta susu. Hal ini biasanya terjadi pada bayi berumur 1-6 minggu.

Percayai naluri anda

Ibu dan bayi biasanya memiliki ikatan personal yang sangat kuat hingga mereka bisa mengerti satu sama lain. Sebagai seorang ibu, anda harus mengasah kemampuan ini. Ikatan bathin juga bermanfaat dalam memberi makan bayi. Saat anda melihat wajah bayi anda, mungkin anda merasa bahwa ia belum cukup minum. Jika ini terjadi, segera susui dia karena naluri seorang ibu biasanya tepat. Jangan hanya memperhatikan jumlah susu yang diminum dan seberapa sering bayi anda minum setiap hari. Namun anda juga harus memperhatikan kenaikan bobot tubuhnya. Jika bayi anda mengalami masalah dengan kenaikan berat badan, segera hubungi dokter anda.

Tahu kapan waktunya meminta pertolongan

Jika anda memiliki masalah saat memberi makan bayi yang baru lahir, jangan hanya diam saja. Segera konsultasikan hal ini kepada dokter atau ahli gizi. Salah satu masalah yang sering timbul saat menyusui bayi adalah bobot tubuh yang tidak naik-naik. Ahli laktasi memiliki kemampuan untuk meneliti setiap permasalahan yang timbul saat menyusui. Jika anda tidak bisa menemukan ahli laktasi, silakan berkonsultasi dengan departemen kebidanan di rumah sakit terdekat.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.