Cara Menyembuhkan Tumit Kaki Pecah-pecah

Cara Menyembuhkan Tumit Kaki Pecah pecahCaraKomplit.com – Tumit kaki pecah-pecah adalah masalah yang biasa dialami oleh pria atau wanita, terutama mereka yang secara intens memakai kaki untuk beraktivitas. Salah satu penyebab tumit pecah-pecah adalah kulit kering. Jika kulit kaki kering, maka lama-kelamaan bagian tersebut akan menebal, membuat kapalan dan akhirnya pecah-pecah. Pada beberapa orang masalah ini tidak hanya mempengaruhi penampilan, namun juga bisa menyebabkan masalah serius. Beberapa orang yang mengalami tumit pecah-pecah mengeluh rasa sakit yang luar biasa, dan saat bagian tersebut terluka akan menimbulkan pendarahan dan infeksi. Bagi anda yang mengalami masalah seperti ini, silakan ikuti cara menyembuhkan tumit kaki pecah-pecah berikut ini:

Sebelum melakukan perawatan, ada beberapa peralatan yang perlu anda persiapkan, diantaranya baskom, sabun, exfoliating scrub, batu apung, krim pelembab, salep kaki, dan kaos kaki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tahap pertama

Isi baskom dengan air dan sabun. Kemudian rendam kedua kaki anda ke dalam baskom selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Sangat direkomendasikan untuk memakai air hangat, namun jangan terlalu panas. Air panas justru bisa merusak lapisan lemak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dalam kaki. Jika anda mengalami infeksi jamur, silakan oleskan salep kaki ke bagian tumit yang pecah-pecah setelah merendam kaki. Kaki yang mengalami infeksi jamur akan memperlihatkan gejala seperti bau tidak sedap, kemerahan, dan gatal-gatal.

Tahap kedua

Silakan oleskan exfoliating scrub ke bagian tumit yang pecah-pecah. Produk ini bisa anda temukan dengan mudah di toko kosmetik. Sebagai gantinya, anda juga bisa memakai batu apung untuk mengikis kulit mati pada bagian telapak kaki. Anda juga memvariasikan kedua jenis metode perawatan ini untuk mendapatkan hasil maksimal. Lakukan proses ini secara perlahan, jangan terburu-buru dan menggosok terlalu keras agar kondisinya tidak semakin parah.

Tahap ketiga

Secara rutin oleskan salep kaki atau pelembab ke bagian tumit yang pecah-pecah. Jika kondisi anda cukup parah, misalnya pecah-pecahnya cukup dalam, anda bisa mengoleskan antibiotik untuk mencegah timbulnya infeksi. Segera setelah melakukan perawatan ini pakailah kaos kaki untuk memaksimalkan kerja salep / pelembab.

Tahap keempat

Ulangi lagkah-langkah di atas selama beberapa hari atau minggu. Perawatan paling bagus dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Jika anda rutin melakukan perawatan, seharusnya hasil sudah bisa didapatkan setelah 2 atau 3 minggu pengobatan. Kemudian jangan berhenti melakukan perawatan setelah anda merasakan hasilnya. Perawatan tetap harus rutin dilakukan, terutama mengoleskan pelembab, agar masalah ini tidak datang kembali.

Nah, itu adalah rangkaian perawatan untuk menyembuhkan tumit kaki pecah-pecah. Jika anda tidak mengalami perubahan setelah melakukan perawatan selama beberapa minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena mungkin ada problem medis yang melatarbelakangi masalah ini.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.