Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

CaraKomplit.com – Setiap orang menginginkan rambut yang sehat, tebal, dan berkilauan. Namun untuk memelihara rambut yang sehat dan kuat tidaklah mudah, apalagi di jaman sekarang dimana tingkat polusi sangat tinggi. Polusi, stress, dan bahan kimia adalah beberapa penyebab rambut rontok. Dan zat-zat seperti ini kerap kita temui di dalam keseharian. Oleh sebab itu, untuk menumbuhkan rambut, anda memerlukan perawatan ekstra. Ada beberapa cara untuk menumbuhkan rambut, namun kali ini kita akan membahas perawatan rambut secara alami. Apa saja? Mari kita simak:

Perawatan alami untuk menumbuhkan rambut

Beberapa perawatan rumahan sangat bermanfaat untuk menumbuhkan dan menguatkan akar rambut. Selain untuk menumbuhkan, perawatan yang tepat juga bermanfaat untuk memelihara tekstur rambut. Berikut adalah beberapa metode alami yang bisa anda coba:

  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari karena bahan makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino. Nutrisi ini sangat penting untuk merangsang folikel rambut memproduksi sel-sel baru. Beberapa vitamin bermanfaat untuk memelihara dan meremajakan rambut, seperti Vitamin B12, B6, MSM, Niasin, dan asam folat.
  • Konsumsi susu atau produk turunannya karena susu mengandung banyak protein yang memegang peranan penting untuk rambut yang sehat.
  • Ikan juga penting untuk menumbuhkan rambut karena ikan mengandung protein yang sangat tinggi. Rambut salah satunya tersusun atas protein, oleh sebab itu protein sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Aplikasikan jus lemon pada kulit kepala untuk memelihara kesehatannya. Selain itu air perasan lemon juga bermanfaat untuk melawan ketombe dan mengurangi rambut rontok. Jika anda ingin menumbuhkan rambut lebih cepat, aplikasikan air lemon secara rutin ke atas kulit kepala anda setiap akan mandi. Aplikasikan hingga merata, tunggu sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  • Pijat kulit kepala anda dengan berbagai macam minyak yang baik untuk kesehatan rambut, seperti minyak kelapa, minyak jarak, atau minyak zaitun. Terapi ini bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kualitas rambut anda.
  • Campurkan kuning telur, cuka, dan minya kelapa kemudian oleskan adonan ini ke atas kulit kepala anda. Aplikasikan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Cuka merupakan antiseptik alami yang efektif membunuh kuman dan bakteri yang menempel di kulit kepala. Sedangkan kuning telur merupakan nutrisi kaya protein yang sangat penting untuk folikel rambut.
  • Biasakan untuk memijat kulit kepala saat mengaplikasikan bahan ke atas kulit kepala agar penyerapannya lebih maksimal. Memijat kulit kepala juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga distribusi nutrisi menjadi lebih merata.

Perawatan untuk menebalkan rambut

Rambut yang sehat dan bersinar akan terlihat lebih cantik jika tumbuh dengan tebal. Untuk menebalkan rambut, anda bisa mencoba beberapa perawatan berikut ini:

  • Jus adalah minuman sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kekuatan rambut. Beberapa jus yang bisa anda coba adalah Simsim, alfalfa, dan wortel. Selain bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut, jus ini juga meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan.
  • Buah berry india juga berkhasiat untuk menebalkan rambut. Silakan campurkan beberapa gooseberry dengan minyak kelapa lalu balurkan ke atas kulit kepala. Ini adalah pengobatan rambut tradisional yang sudah ada sejak dulu.
  • Tumbuk daun margosa dan daun ketumbar, kemudian tambahkan sedikit air. Aplikasikan adonan ini ke atas kulit kepala, tunggu sekitar 10 menit kemudian cuci dengan air bersih. Campuran ini bisa menciptakan rambut yang tebal dan kuat.
  • Teh hijau. Minuman ini memang memiliki sejuta khasiat, salah satunya adalah untuk menebalkan rambut. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu polifenol. Zat ini bisa merangsang tumbuhnya sel-sel rambut.



Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.