Cara Menguatkan Rambut

Cara Menguatkan RambutCaraKomplit.com – Rambut rontok adalah masalah yang cukup umum di kalangan remaja hingga orang dewasa. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut rontok, misalnya kurang asupan nutrisi, kurang merawat rambut, faktor gen, kehamilan, stress, dan efek samping obat-obatan. Kerontokan akan terjadi jika akar rambut kurang kuat. Nah, untuk menguatkan rambut, anda bisa mengikuti beberapa perawatan berikut ini:

Konsumsi cukup nutrisi

Rambut yang kuat bisa dihasilkan dari konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral akan membantu rambut, kuku, dan gigi tumbuh lebih sehat dan kuat. Paling tidak, dalam menu makanan harian anda sudah mengandung vitamin A, B, C dan E. Zat lain yang juga anda perlukan adalah asam lemak omega-3. Selain vitamin dan mineral, konsumsi protein juga sangat penting untuk menguatkan rambut.

Kurangi stress

Tadi sudah dijabarkan bahwa stress adalah salah satu penyebab kerontokan rambut. Oleh sebab itu anda sebaiknya menjaga pikiran agar tidak stress. Ada berbagai hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stress, misalnya dengan melakukan relaksasi, pijat, sauna, hangout, dsb. Stress tidak hanya bisa membuat struktur rambut melemah, namun juga bisa membuat rambut terlihat kusam.

Pakai shampo penguat rambut

Ini adalah perawatan utama yang bisa anda coba. Beberapa shampo dibuat dengan komposisi khusus yang bisa menguatkan rambut. Produk shampo seperti ini sudah banyak tersedia di pasar, anda bisa mencarinya di supermarket, toko kelontong, atau di internet. Produk shampo ini biasanya sepaket dengan kondisioner dan beberapa produk perawatan rambut lainnya.

Jaga kelembapan rambut anda

Treatment ini sangat penting untuk menguatkan rambut, oleh sebab itu jangan pernah lupa mengaplikasikan pelembab / moisturizer ke bagian kepala untuk menjaga kelembabannya. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kelembaban rambut. Pertama adalah dengan dengan melakukan deep conditioning. Produk ini bisa anda beli di toko kecantikan, bentuknya hampir sama dengan conditioner biasa, hanya saja perlu didiamkan sekitar 15 menit agar zat di dalamnya bisa bekerja dengan maksimal. Perawatan lain yang bisa anda coba adalah sampo berpelembap tinggi. Hindari produk shampoo yang banyak mengandung alkohol dan detergen yang ditandai dengan busa melimpah. Perawatan lain yang juga sangat penting adalah mengeringkan rambut secara alami (tanpa blower) dan menyisir rambut 2 kali sehari.

Hindari rambut yang basah

Untuk menguatkan rambut, anda sebaiknya tidak sering-sering membiarkan rambut anda basah. Misalnya saat mandi anda bisa memakai penutup kepala agar rambut tidak terkena air. Basahi rambut hanya saat keramas, di waktu lainnya hindari rambut anda terkena air.

Cukur rambut secara rutin

Semakin panjang rambut, semakin jauh pula nutrisi yang harus disalurkan. Jika nutrisi tidak sampai ke ujung rambut, rambut akan cenderung rapuh dan mudah bercabang. Oleh sebab itu, anda harus mencukur rambut secara rutin. Jika anda melihat rambut anda bercabang atau kusut, anda harus segera memangkas rambut tersebut.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.