Cara Menghapus Noda Cat Kuku (Kutek)

CaraKomplit.comCat kuku atau kutek adalah bahan yang tidak mudah hilang jika sudah menempel pada permukaan benda. Namun jika anda memiliki peralatan untuk menghapus cat kuku, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Berikut adalah cara membersihkan cat kuku pada beragam permukaan:

  1. Untuk cat kuku yang menempel pada bahan yang tidak bisa dicuci seperti asetat, rayon, fiberglass, sutera, dan wol. Silakan ikuti beberapa langkah ini, pertama-tama kerik cat kuku yang mengering hingga terasa halus. Semakin sedikit lapisan cat yang menempel, semua mudah pula kita membersihkan sisanya. Setelah itu silakan anda oleskan sedikit dry spotter ke bagian noda kutek tersebut dengan kapas atau sejenisnya. Silakan lakukan hingga noda cat kuku menghilang atau berkurang. Setelah itu oleskan cairan pembersih seperti Afta Cleaning Fluid. Setelah itu tunggu hingga mengering.
  2. Untuk permukaan yang bisa dicuci seperti bahan akrilik, linen, katun, nilon, poliester, dan spandex. Untuk membersihkan kutek pada permukaan seperti ini, pertama-tama kerik bagian yang masih bisa digerus, kemudian oleskan sedikit aseton pada bagian yang tersembunyi. Jika tidak terjadi perubahan warna, silakan oleskan cairan tersebut pada permukaan yang terkena kutek. Setelah noda kutek terangkat semua, silakan tunggu hingga kering.
  3. Untuk permukaan yang lembut seperti plastik akrilik, Aspal, Linoleum, Poliuretana, dan Vinyl. Untuk membersihkan kutek dari permukaan seperti ini, pertama-tama kerik noda cat yang mengering. Atau jika masih baru, segera hapus kutek yang masih basah tersebut dengan kapas atau kain. Setelah itu oleskan amil asetat pada bagian yang terkena cat lalu bilas hingga bersih. Jika terlambat membersihkannya, mungkin noda ini tetap akan tersisa / tidak bersih sepenuhnya.
  4. Untuk menghapus cat kuku pada bebatuan seperti marmer, silakan ikuti beberapa tips berikut ini. Pertama kerik sisa cat dengan alat khusus. Setelah itu ambil kapas atau kain, celupkan ke dalam aseton, lalu gosokkan pada bagian yang ternoda. Setelah bersih, bilas dengan lap basah dan tunggu hingga kering. Jika anda masih melihat ada noda tersisa, silakan buat larutan yang terdiri atas air, 3% hidrogen peroksida, dan detergen. Oleskan larutan ini ke atas noda yang tersisa. Jika sudah bersih, silakan bilas kembali dengan air bersih dan biarkan mengering.
  5. Untuk menghapus cat kuku di atas permukaan logam seperti besi atau aluminium, silakan ikuti beberapa tips berikut ini. Sama seperti sebelumnya, jika noda kutek cukup tebal, anda bisa mengeriknya hingga menipis. Permukaan logam tidak menyerap cairan kute, sehingga tidak akan muncul noda. Hanya saja akan terjadi sedikit perubahan warna. Untuk mengembalikan warna seperti semula, anda bisa memakai produk pembersih seperti steel wool soap pad. Setelah membersihkan, bilas dengan air bersih dan biarkan mengering.
  6. Untuk membersihkan kutek yang menempel di atas lantai, silakan ikuti petunjuk berikut ini. Setelah mengerik cat kuku yang mengering, selanjutnya gosok bagian tersebut dengan kain atau kapas yang sudah dicelupkan ke dalam cairan aseton. Lakukan beberapa saat hingga noda tersebut benar-benar terangkat. Setelah itu bilas area yang kotor tersebut dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam larutan detergen. Setelah benar-benar bersih, anda bisa membilas dengan air dan tunggu hingga kering.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.