Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Pecah-pecah

Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Pecah pecahCaraKomplit.com – Kaki adalah aset yang sangat penting terutama bagi anda para wanita. Berbagai kondisi yang tidak sehat bisa memicu timbulnya kaki pecah-pecah, salah satunya adalah karena kulit kering dan mengeras di sekitar telapak kaki. Pada dasarnya kulit di sekitar tumit memang lebih tebal daripada kulit di bagian tubuh lainnya, namun jika terlalu sering mengalami tekanan ekstrim kulit tersebut akan menjadi sangat tebal dan pecah-pecah. Penyebab lain tumit pecah-pecah adalah karena cara jalan yang salah, obesitas (berat badan berlebih menyebabkan tekanan telapak kaki lebih besar), penyakit diabetes, dan infeksi jamur. Bagi anda yang memiliki masalah tumit pecah-pecah, silakan ikuti beberapa cara berikut ini untuk menghaluskannya:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menghaluskan tumit kaki pecah-pecah adalah mencuci kaki sesering mungkin memakai air dan sabun. Air yang dipergunakan sebaiknya tidak terlalu panas karena air panas bisa membuat kulit kaki semakin kering.
  2. Setelah mencuci kaki, gunakan batu apung untuk menggosok-gosok bagian kulit kaki yang pecah-pecah. Sebuah lembaga kesehatan kaki dari Amerikan menyarankan kita untuk memakai batu apung selama kurang lebih 2 minggu untuk merasakan hasilnya.
  3. Setelah menggosok tumit kaki dengan batu apung dan membilasnya hingga bersih, anda perlu perawatan tambahan. Perawatan tersebut adalah dengan mengusapkan lotion ke bagian telapak kaki. Perawatan ini berfungsi untuk menjaga kelembaban telapak kaki sehingga mempercepat proses penyembuhan. Komunitas kesehatan kulit Selandia Baru menyarankan agar kita mengusapkan lotion ke bagian tumit kaki yang pecah-pecah 2 kali sehari agar hasilnya lebih cepat terasa. Anda bisa memakai lotion biasa atau memakai lotion khusus untuk kaki pecah-pecah. Balsem khusus kaki biasanya berisi bahan-bahan yang memang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kaki seperti asam alphahydroxy dan urea.
  4. Perawatan berikutnya cukup penting anda lakukan, yaitu melindungi bagian tumit kaki yang pecah-pecah dengan kaos kaki atau alat penutup lainnya. Setelah mengusapkan lotion pada malam hari, anda sebaiknya menutupi bagian tersebut agar cream tidak menguap dan bekerja dengan maksimal.
  5. Setelah melakukan semua perawatan diatas, anda juga perlu menjaga kondisi ruangan di sekitar anda. Kita tahu bahwa salah satu penyebab kulit pecah-pecah adalah kondisi kulit yang kering. Oleh sebab itu, untuk mencegah tumit pecah-pecah, anda sebaiknya menjaga kondisi ruangan di dalam rumah tetap lembab. Anda bisa memakai alat pelembab udara seperti AC atau yang lainnya.

Nah, itu adalah rangkaian cara menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Ada satu hal yang cukup penting, yaitu masalah pemakaian alas kaki. Beberapa alas kaki seperti heels bisa membuat kulit telapak kaki menjadi tebal. Untuk itu, pemilihan alas kaki juga perlu diperhatikan agar kulit kaki senantiasa cantik dan sehat. Jika setelah melakukan rangkaian perawatan kulit di atas, anda belum mencapai hasil yang maksimal, silakan berkonsultasi ke dokter.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.