Cara Mengatasi Wajah Berminyak

CaraKomplit.com – Minyak yang terdapat di wajah memiliki peran penting untuk menjaga kelembutan kulit. Namun minyak berlebih akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Wajah berminyak tidak ada kaitannya sama sekali dengan kondisi kesehatan seseorang. Masalah ini umumnya terjadi karena pola makan yang salah atau faktor keturunan. Orang-orang dengan wajah berminyak memiliki tantangan besar untuk menghilangkan minyak tersebut secara teratur. Jika ini tidak dilakukan, ini akan sangat mengganggu penampilan. Selain itu, kulit berminyak juga lebih mudah mengikat debu dan kotoran sehingga wajah menjadi kotor. Masalah lain yang sering muncul pada kulit berminyak adalah jerawat. Untuk mengatasi wajah berminyak, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Yang paling penting untuk mengatasi kulit berminyak adalah mencuci wajah secara teratur. Basuh wajah minimal 2 kali sehari dengan cairan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengakibatkan iritasi. Lebih bagus lagi jika anda memilih pembersih wajah yang terbuat dari tanaman herbal.
  2. Gosok dengan pembersih wajah 2 kali dalam seminggu. Ada beberapa pembersih wajah yang bekerja seperti lulur, mengangkat semua kotoran dan kulit mati sehingga wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Wajah berminyak lebih mudah mengikat debu, dan jika terus menumpuk akan membentuk lapisan di atas wajah. Agar lebih aman, anda sebaiknya memilih produk yang memang sudah dipercaya oleh banyak orang dan dinyatakan aman.
  3. Untuk mengatasi wajah berminyak, anda juga perlu mengoleskan produk untuk menyeimbangkan minyak di wajah. Sama seperti sebelumnya, pilihlah produk yang dinyatakan efektif dan aman karena anda akan selalu membutuhkannya setiap waktu.
  4. Perawatan lainnya adalah dengan toner dan Moisturizer. Setelah mencuci wajah menggunakan produk pembersih wajah, jangan lupa untuk mengapolikasikan toner dan moizturer. Perawatan ini tidak hanya diperlukan untuk kulit berminyak, namun juga kulit tidak berminyak. Ada berbagai macam produk yang tersedia di laur sama, anda bisa memilih yang alami seperti toner rose water dan green tea.

Cara alami mengatasi wajah berminyak

Selain cara-cara diatas, anda bisa mengikuti beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasi wajah berminyak

Susu: Susu merupakan salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan minyak di atas permukaan kulit. Silakan oleskan produk perawat wajah yang mengandung susu sebelum anda tidur. Susu memiliki kemampuan alami untuk menghilangkan debu dan kotoran di wajah. Selain itu, susu juga baik untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Anda bisa mengambil kapas, kemudian mencelupkannya ke dalam susu dan oleskan ke permukaan wajah. Anda juga bisa menambahkan minyak lavender untuk meningkatkan hasilnya.

Masker lumpur: Lumpur sudah lama dipercaya untuk mengatasi wajah berminyak. Pilihlah lumpur yang higienis, bukan diambil langsung dari sawah karena ada banyak kotoran dan bakteri di dalamnya. Anda bisa membeli lumpur khusus dari toko kecantikan atau di tempat lainnya. Campurkan lumpur dengan kunyit sebelum dioleskan di wajah untuk meningkatkan hasilnya. Setelah dioleskan, tunggu selama kurang lebih setengah jam baru kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa memakai masker lumpur sekali seminggu. Selain menghilangkan minyak, wajah juga akan terlihat lebih bersih dan lembut.

Gandum: Bahan makanan ini juga baik untuk mengatasi kulit berminyak. Sediakan gandum yang belum diproses, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu dan setengah sdt air jeruk lemon. Campur ketiga bahan ini hingga membentu pasta yang padat, selanjutnya aplikasikan ke atas kulit dan tunggu sekitar 15 menit.

Bubuk kayu cendana: Ambil sedikit bubuk cendana dan campurkan dengan beberapa tetes air, selanjutnya oleskan ke atas kulit wajah yang berminyak. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih serta melawan jerawat di wajah.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.