Cara Mencukur Bulu Ketiak

Cara Mencukur Bulu KetiakCaraKomplit.comMencukur bulu ketiak perlu dilakukan bukan semata-mata karena alasan kecantikan, namun juga kesehatan. Bagi wanita masa kini, mencukur buku ketiak adalah agenda wajib dalam perawatan kecantikan. Ada berbagai metode yang bisa ditempuh, misalnya dengan waxing, memakai krim khusus, atau dengan mencukur. Namun anda harus berhati-hati, karena proses pencukuran yang salah bisa membuat kulit ketiak anda iritasi dan gatal-gatal. Keringat dan gesekan pada kulit ketikan bisa memperburuk kondisi ini.

Hal pertama yang perlu anda lakukan menentukan tekniknya. Mencukur adalah teknik termudah karena anda hanya perlu mempersiapkan pisau cukur dan krim. Teknik lainnya seperti waxing mungkin akan lebih sakit, namun hasilnya juga lebih lama karena rambut dicabut dari bagian akar. Sedangkan krim depilatori bisa menghilangkan rambut di permukaan kulit dan lebih tahan lama dibandingkan dengan mencukur. Namun beberapa orang memiliki kulit yang sensitif sehingga tidak cocok dengan teknik ini. Waxing dan mencukur mungkin akan membuat kulit anda iritasi untuk pertama kalinya, namun setelah beberapa kali mencoba masalah tersebut akan berkurang.

Tahap persiapan

Sebelum anda mencukur bulu ketiak, anda sebaiknya mencukur bulu tersebut dengan gunting hingga menyisakan sedikit bagian saja. Ini penting terutama bagi anda yang baru pertama kali mencukur bulu ketiak. Kemudian dilanjutkan dengan membasahi ketiak. Silakan ambil lap, kemudian basahi dengan air dan sedikit sabun. Setelah itu bisa langsung anda usapkan ke atas kulit ketiak. Ini berfungsi untuk membersihkan kulit dari deodoran atau kulit mati yang tertinggal. Jika anda melakukannya dengan teknik waxing atau memakai krim, anda sebaiknya mengeringkan kulit ketiak terlebih dahulu. Sedangkan jika anda ingin mencukurnya, anda bisa melakukannya dalam kondisi basah.

Mencukur

Anda sebaiknya melakukannya di kamar mandi. Biasakan sebelum mencukur, anda mengoleskan krim atau sabun agar kulit ketiak menjadi licin sehingga tidak terjadi luka saat mencukur. Saat ini model pisau cukur sangat beragam, ada yang memiliki hingga 2 mata pisau. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencukur. Dengan satu goresan saja, biasanya rambut-rambut sudah terangkat. Agar hasilnya lebih maksimal, anda sebaiknya mencukur di depan cermin, sehingga anda tahu bagian mana yang sudah atau belum belum. Arah mencukur sebaiknya dari atas kebawah dan dari kiri ke kanan. Ini untuk memastikan semua rambut terangkat dengan sempurna.

Waxing

Nah, jika anda ingin mencukur bulu ketiak dengan teknik waxing, anda sebaiknya mengoleskan sedikit bedak talek pada kulit ketiak. Ini untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Angkat tangan anda setinggi-tingginya hingga kulit ketiak tampak menegang. Kemudian oleskan krim wax hangat dan ratakan dengan sepatula. Selanjutnya tempelkan kain di atasnya dan tarik dengan kencang. Jika masih ada rambut yang tertinggal, anda bisa mencabutnya dengan catut.

Krim depilatori

Anda sebaiknya menguji sensitivitas kulit terhadap krim ini sebelum mencobanya. Jika muncul reaksi alergi, sebaiknya anda tidak meneruskannya dan mengganti dengan teknik mencukur yang lain. Jika tidak terjadi apa-apa, anda bisa mencoba krim ini. Pemakaian krim ini cukup mudah, ambil sesuai dengan yang disarankan. Kemudian oleskan ke atas kulit ketiak dan cukur rambut ketiak dengan alat yang sudah disediakan. Jika masih ada rambut tersisa, anda bisa mencabutnya dengan catut.

Tahap akhir

Jika sudah selesai mencukur rambut ketiak, anda sebaiknya berhenti dulu memakai deodoran atau produk lainnya. Mencukur akan mempengaruhi bagian kulit atas sehingga jika anda memakai deodoran atau semacamnya, anda bisa merasakan sakit luar biasa. Anda sebaiknya mengoleskan lotion untuk melembabkan area tersebut.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.