Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara AlamiCaraKomplit.com – Jika anda memiliki kulit ketiak gelap, anda mungkin memerlukan beberapa tips yang akan kita bahas kali ini. Terapi holistik adalah salah satu metode terapi terbaik untuk memutihkan kulit ketiak. Selain aman, hasilnya juga relatif cepat. Bagian ketiak adalah salah satu yang paling penting untuk menunjang kecantikan, namun kita sering tidak memperhatikannya secara seksama. Paling-paling dalam perawatan kecantikan, anda hanya sempat mencukur bulu ketiak atau mengoleskan deodoran.

Apa penyebab kulit ketiak menghitam?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam, diantaranya:

  • Mencukur bulu ketiak. Anda mungkin tidak menyadari bahwa saat anda mencukur, mungkin saja ada beberapa luka gores. Luka gores ini jika sering terjadi bisa menimbulkan warna kehitaman. Oleh sebab itu sangat disarankan agar anda memakai sabun atau bahan pelicin lain saat mencukur rambut ketiak. Jika anda tidak yakin kulit ketiak anda mengalami luka saat dicukur, coba saja olesi degan alkohol. Jika timbul rasa sakit dan perih luar biasa, itu berarti ada luka pada kulit ketiak. Maka dari itu anda harus berhati-hati saat mencukur rambut ketiak anda.
  • Memakai produk yang mengiritasi kulit. Faktanya beberapa macam produk bisa mengiritasi kulit anda, terlebih kulit ketiak yang cukup sensitif. Deodoran dan parfum adalah 2 benda yang sering diaplikasikan pada kulit ketiak. Coba periksa lagi produk perawatan tubuh tersebut, mungkin saja anda alergi terhadap salah satunya. Reaksi alergi ini yang akan menyebabkan kulit iritasi sehingga menghitam.
  • Detergen yang keras. Hal ini juga bisa menyebabkan kulit ketiak hitam. Beberapa detergen memiliki kandungan zat yang cukup keras. Jika anda memakai detergen ini untuk mencuci kemudian memakai baju yang telah dicuci tersebut, zat “keras” di dalam detergen bisa mengiritasi kulit ketiak sehingga membuatnya berwarna hitam.
  • Kelebihan berat badan. Saat seseorang mengalami kelebihan berat badan, ada kecenderungan kulit ketiak bergesekan dengan intens sehingga menyebabkan hiper pigmentasi yang bisa berubah gelap.

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab kulit ketiak berwarna gelap, kali ini kita akan membahas tentang cara mengobatinya secara alami. Silakan anda simak ulasan berikut ini:

Air Lemon

Percaya atau tidak, air perasan lemon memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit ketiak. Tanaman ini sudah dipergunakan sejak lama untuk perawatan kulit. Cara pemakaiannya tidak sulit, anda hanya perlu membelah buah lemon menjadi 2 kemudian mengusapkannya pada bagian ketiak yang hitam. Biarkan cairan ini selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Agar hasilnya lebih cepat terasa, anda bisa mencoba perawatan ini setiap hari. Jika anda tidak ingin membawa lemon kemana-mana, anda bisa mempergunakan ekstraknya. Caranya peras beberapa buah lemon, kemudian masukkan air perasannya pada sebuah botol spray, bisa dari botol parfum kosong. Kemudian semprotkan cairan ini beberapa kali dalam sehari.

Bubuk tawas

Bubuk ini mudah anda dapatkan di toko-toko kelontong. Fungsi dari bubuk ini adalah untuk mengontrol keringat dan memiliki efek mencerahkan. Memakai produk ini setiap hari akan membantu memutihkan kulit ketiak anda. Silakan oleskan setelah anda mandi, dan tunggu sekitar 15-20 menit sebelum dibersihkan. Beberapa orang menunjukkan reaksi alergi terhadap bahan ini. Jika anda juga merasakannya, sebaiknya anda tidak melanjutkan perawatan.

Madu

Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk pengobatan dalam maupun luar. Nah, untuk mencerahkan kulit ketiak yang kusam, anda bisa memadukan madu dengan bahan lain seperti air lemon dan tawas. Caranya: ambil satu sendok makan madu kemudian campurkan dengan 1 sendok makan air jeruk dan 1 sdt tawas. Aplikasikan adonan ini pada kulit ketiak sebelum mandi.

Mentimum dan kunyit

Kedua bahan makanan ini juga bisa anda pergunakan untuk perawatan ketiak gelap. Ambil bubuk kunyit, lemon, dan mentimum, masing-masing 1 sendok makan, kemudian campurkan. Oleskan adonan kental ini pada kulit ketiak hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Setelah itu anda siramkan air dingin agar pori-pori kulit menutup.

Baking soda

Baking soda tidak hanya bisa dipergunakan untuk membuat kue, namun juga untuk merawat ketiak. Bahan ini relatif aman untuk pemakaian luar karena tidak mengandung zat yang bersifat asam atau basa, sehingga bisa menyesuaikan dengan PH tubuh. Baking soda juga bisa dipakai untuk menggerus kulit mati dan menghilangkan bau badan. Silakan aplikasikan bahan ini pada ketiak anda setelah mandi.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.