Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Cara Mempercepat Pertumbuhan RambutCaraKomplit.com РRambut yang sehat dan lebat adalah dambaan setiap orang. Setiap orang memiliki level pertumbuhan rambut yang berbeda-beda. Mereka yang rambutnya tumbuh cepat mungkin akan kesulitan dalam merawat dan memerlukan waktu yang lebih banyak. Namun di sisi lain rambut yang tumbuh cepat menandakan bahwa orang tersebut memiliki rambut sehat. Jika anda sering bereksperimen dengan rambut, rambut yang tumbuh dengan cepat tentu sangat diperlukan. Tahukah anda bahwa rata-rata manusia memiliki sekitar 100 ribu helai rambut di kepalanya? Dengan laju pertumbuhan sekitar 1,5 cm per bulan.  Asupan nutrisi berperan penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Namun ada beberapa tips lain yang bisa anda ikuti untuk mempercepat pertumbuhan rambut, seperti:

Pelihara kesehatan tubuh dan hindari stress

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, jangan lupa untuk memakan makanan bergizi, melakukan olahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan hindari stress. Kondisi stress yang berkepanjangan bisa menurunkan laju pertumbuhan rambut atau bahkan menghentikannya. Itu sebabnya orang yang sering berpikir lebih mudah mengalami kebotakan daripada orang yang selalu dalam kondisi bahagia. Silakan baca artikel berikut ini untuk mengurangi stress. Sering kelelahan dan kurang asupan makanan bergizi  bisa memacu tubuh untuk bekerja secara berlebihan. Energi akan banyak dihabiskan untuk memelihara organ tubuh sehingga rambut tidak akan mendapatkan cukup nutrisi. Itu sebabnya rambut jadi mudah rontok. Jika tubuh sudah mendapatkan cukup asupan nutrisi, maka nutrisi tersebut akan dipergunakan untuk menumbuhkan dan menguatkan rambut.

Periksa kesehatan tubuh anda

Rambut yang rontok tidak hanya bisa terjadi karena kekurangan asupan nutrisi, namun juga bisa disebabkan masalah pada tubuh. Jika anda menderita suatu penyakit, mungkin saja itu salah satu penyebab rambut anda rontok. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, pastikan anda tidak memiliki salah satu masalah berikut ini, konsumsi obat-obatan yang intens (spt pil KB, pil arthritis, obat depresi, obat jantung, obat asam urat, obat tekanan darah, dsb), pola makanan salah (kekurangan atau berlebihan), memiliki riwayat rambut rontok, atau menderita penyakit serius yang bisa memperlambat pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu sangat disarankan agar anda menemui dokter sebelum mencoba berbagai terapi untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Masalah pada rambut juga bisa timbul jika kulit kepala tidak sehat. Coba periksakan kulit kepala anda, apakah mengalami infeksi atau semacamnya. Dalam beberapa kasus, menghilangkan masalah-masalah yang timbul pada tubuh bisa mengembalikan kondisi rambut anda.

Hindari menata rambut secara berlebihan

Apapun yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Jika anda sering menata rambut dengan ekstrim, mungkin itu adalah penyebab rambut anda sulit tumbuh atau mengalami kerontokan. Sebisa mungkin hindari mengeriting rambut, meluruskan rambut dengan bahan kimia, dan mengecat rambut berlebihan. Menata rambut seperti ini bisa melemahkan helai rambut dan memberikan tekanan pada folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan. Alat penata rambut yang mengandung panas bahkan lebih cepat bisa menyebabkan kerusakan rambut. Oleh sebab itu tatalah rambut sealami mungkin. Menata rambut dengan teknik tadi tidak dilarang, hanya saja frekuensinya sebaiknya dikurangi. Tips penting lainnya adalah jangan terlalu sering menyisir rambut, cukup 2 kali sehari. Terlalu sering menyisir rambut bisa mematahkan rambut sehingga tidak lagi terlihat cantik. Biasakan menyisir rambut dalam kondisi yang lembut, misalnya setelah memakai kondisioner atau yang lain agar rambut tidak ditarik-tarik. Selain itu hindari gaya rambut yang bisa menarik rambut, seperti poni kuda atau kepang jagung karena bisa melemahkan helai rambut.

Nah, itu adalah beberapa cara mempercepat pertumbuhan rambut. Semoga membantu.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.