Cara Memanjangkan Rambut secara Alami

CaraKomplit.com – Coba anda tanyakan kepada teman anda, rambut seperti apa yang mereka inginkan. Tentu tidak akan ada yang menjawab rambut kusut, tidak sehat, dan acak-acakan. Semua orang suka dengan rambut yang bersih, tertata rapi, dan sehat. Nah, khusus bagi para wanita, rambut yang panjang merupakan aset yang berharga. Banyak wanita memanjangkan rambut agar terlihat lebih cantik. Sebenarnya memanjangkan rambut bukan perkara susah, hanya saja menumbuhkan rambut yang panjang, sehat, dan kuat adalah tugas yang cukup sulit. Jika anda ingin ingin memanjangkan rambut, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi cukup protein setiap hari karena zat ini sangat penting untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Rambut tersusun atas keratin, protein yang terbuat dari beberapa asam amino. Agar rambut baru bisa tumbuh, tubuh harus banyak memproduksi asam amino. Salah satu cara untuk mendapatkan asupan amino secara langsung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Beberapa makanan yang bisa anda coba adalah kacang kedelai, buncis, kacang tanah, telur, ikan, dan daging.
  2. Konsumsi cukup zat besi dan seng. Jika tubuh kekurangan kedua zat ini, maka rambut tidak akan tumbuh dengan subur bahkan bisa menyebabkan kerontokan. Fungsi utama zat besi adalah untuk mengirimkan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, termasuk folikel rambut. Beberapa makanan kaya zat besi antara lain daging, unggas, telur, buncis, tahu, dan kacang kedelai. Sedangkan seng berperan untuk pertumbuhan tubuh dan perbaikan jaringan, termasuk rambut. Beberapa bahan makanan yang banyak mengandung seng antara lain kacang panjang, selai kacang, daging tanpa lemak, unggas, biji labu, tiram dan kepiting.
  3. Konsumsi cukup lemak. Banyak orang yang menghindari lemak untuk menurunkan berat badan atau menjaga bobot tubuh, namun pada kenyataannya lemak adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh, termasuk rambut. Lemak berfungsi untuk mengasimilasi vitamin yang sangat vital untuk pertumbuhan rambut. Namun konsumsi lemak juga harus dijaga, utamakan mengkonsumsi lemak tidak jenuh atau asam lemak seperti omega 3.
  4. Konsumsi cukup vitamin C. Jika kekurangan vitamin C, rambut akan cenderung kering dan mudah rapuh. Tubuh memerlukan vitamin C untuk membangun kolagen, sebuah serat yang berperan penting untuk pembentukan sel-sel rambut baru. Tanpa vitamin C yang cukup, tubuh juga akan kesulitan untuk menyerap besi. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memasukkan bahan makanan yang kaya vitamin C ke dalam menu makanan harian anda, seperti buah jeruk, jambu biji, kangkung, nanas, stroberi, brokoli, dan paprika.
  5. Konsumsi vitamin B karena zat ini penting untuk mencegah kerontokan rambut. Walaupun belum ada penelitian khusus tentang manfaat vitamin B untuk memanjangkan rambut, namun kekurangan zat ini bisa menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba berbagai suplemen karena rambut rontok tidak hanya terjadi karena kekurangan vitamin B. Beberapa makanan kaya vitamin B yang bisa anda konsumsi untuk memanjangkan rambut antara lain kedelai produk, kentang, kacang polong, bit, susu tanpa lemak, daging tanpa lemak, pisang, kacang, seafood, bayam, brokoli, gandum dan biji-bijian lainnya.

Nah, itu adalah beberapa cara memanjangkan rambut secara alami. Semoga membantu.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.