Cara Menjawab 5 Pertanyaan Tersusah saat Interview Kerja

CaraKomplit.com – Interview adalah gerbang kesuksesan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, oleh sebab itu berikanlah yang terbaik. Interview pekerjaan bukan hanya masalah kemampuan intelektual, namun lebih dari itu anda juga harus mengeluarkan kemampuan verbal anda dan belajar menghandle situasi yang menekan. Interview kerja bisa diibaratkan sebuah pertunjukan theater,  menjawab dengan penuh percaya diri tidak berarti anda akan diterima. Begitu pula sebaliknya, gugup saat menjawab tidak berarti anda akan mendapatkan bad review. Namun mengingat persaingan dunia kerja yang semakin ketat, tentu anda harus mengeluarkan kemampuan anda semaksimal mungkin. Berikut adalah 5 pertanyaan susah yang mungkin akan temui saat sesi wawancara pekerjaan:

Pertanyaan 1: Mengapa saya harus merekrut anda?

Untuk pertanyaan yang satu ini, anda harus benar-benar memberikan perhatian serius pada penanya dan bersikap aktif selama menjawab pertanyaan. Komunikasi sebaiknya berjalan dua arah, misalnya saat menjawab anda mengajukan pertanyaan tentang bagaimana kriteria yang mereka cari, atribut apa yang diinginkan, atau mendiskusikan tentang detil profesi yang pernah anda jalankan. Setelah mengetahui berbagai hal tentang persyaratan pekerja yang mereka cari, anda bisa menggunakan hal ini sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan. Silakan beritahukan semua kelebihan yang anda miliki terkait posisi yang anda inginkan.

Pertanyaan 2: Kesalahan terbesar apa yang pernah anda lakukan?

Untuk menjawab pertanyaan ini saat interview kerja anda harus memberikan pernyataan yang simpel dan berisi. Jangan membuat pernyataan yang berbelit-belit karena anda bisa dikira menutup-nutupi sesuatu. Trik untuk menjawab pertanyaan ini adalah jangan beberkan kekurangan diri terlalu banyak (sesuaikan dengan permintaan pewawancara), dan jangan gunakan pernyataan palsu untuk menutupi kekurangan anda. Untuk menutupi kesalahan tersebut, anda bisa menceritakan usaha-usaha yang telah anda lakukan untuk mencegah hal yang sama terulang kembali.

Pertanyaan 3: Siapa figur orang sukses yang ingin anda ajak makan malam?

Jika pewawancara mengeluarkan pertanyaan yang aneh dan di luar konteks seperti ini, anda harus tetap tenang. Bisa jadi ini adalah cara mereka untuk menguji seberapa mampu anda menghadapi pertanyaan yang belum dipersiapkan sebelumnya. Anda tentu sudah banyak berlatih cara menjawab pertanyaan sebelum berangkat ke tempat interview. Oleh sebab itu, anda tetap harus siap dengan pertanyaan lain yang belum anda pelajari sebelumnya. Ini merupakan kesempatan yang tepat untuk menunjukkan kepribadian anda. Jawablah pertanyaan tersebut dengan santai dan sampaikan apa saja yang muncul di pikiran anda.

Pertanyaan 4: Berapa banyak gaji yang anda inginkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus bersikap realistis. Gaji tentu berkaitan erat dengan posisi, jenis pekerjaan, riwayat pekerjaan anda, dan faktor pendukung lainnya. Anda bisa saja menetapkan standar gaji yang tinggi, namun tetap harus realistis. Sesuai dengan kualifikasi anda dan sesuai dengan kemampuan perusahaan. Anda bisa mencari informasi gaji dari orang yang memiliki jenis pekerjaan dan jabatan yang sama dengan anda. Selain itu anda sebaiknya tidak menjawab to the point, misalnya “Saya menginginkan gaji 7 juta setiap bulan”. Anda bisa menyebutkan gaji terbaru yang pernah anda dapatkan kemudian memberikan pernyataan bahwa fokus utama anda adalah mencari pekerjaan yang sesuai dan berkontribusi positif kepada perusahaan. Jika perusahaan sangat menginginkan anda, mereka akan lebih fleksibel soal gaji.

Pertanyaan 5: Dimanakah anda dalam 5 tahun ke depan?

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan bersemangat namun tidak muluk-muluk dan berlebihan. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah, “Saya sudah sangat senang bisa bergabung dengan sebuah perusahaan berkualitas dan saya harap bisa berkontribusi positif terhadap perusahaan. Begitu pula sebaliknya, saya sangat berterima kasih mendapatkan banyak pelajaran dari perusahaan ini. Saya harap posisi ini bisa bertahan lama dan ada suatu hal besar yang akan saya alami suatu saat nanti”.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.