Cara Menjadi Pengusaha Sukses

CaraKomplit.com – Lika-liku menjadi seorang pengusaha memang rumit. Memang ada pengusaha yang mengalami sedikit rintangan untuk mencapai kesuksesan mereka, namun berbagai tantangan ini sebenarnya adalah bagian dari pendewasaan agar anda lebih tahan terhadap berbagai perubahan di dalam meniti karir. Berikut adalah beberapa rahasia sukses seorang pengusaha:

  1. Yang pertama adalah anda harus bergairah melakukan apa yang anda lakukan. Memacu semangat dan kreativitas mungkin terasa mudah di awal-awal. Namun yang susah adalah bagaimana anda mempertahankan semangat terserbut  di masa-masa sulit. Ada banyak rintangan yang akan anda temui di dalam berkarir. Pasang surut adalah hal yang biasa, baik dalam pencapaian maupun semangat. Luangkan waktu anda untuk bekerja dan bekerja. Misalnya anda tertarik untuk mendalami usaha tertentu, pelajari hingga sedetail-detailnya dan temukan ide-ide baru yang sekiranya bisa membuat semangat anda meningkat.
  2. Untuk menjadi pengusaha yang sukses, anda sebaiknya hanya fokus pada satu bidang saja. Satu bidang sudah cukup luas untuk dipelajari. Banyak pengusaha “tersesat” di tengah jalan karena mereka mencoba berbagai macam usaha sekaligus. Daripada mempelajari banyak usaha dengan konsentrasi yang terpecah, lebih baik anda hanya mendalami satu bidang usaha saja. Setelah anda cukup menguasai bidang tersebut, silakan rambah bidang lain sehingga anda tahu usaha-usaha apa saja yang potensial dan bisa memberikan income besar.
  3. Kerja keras adalah kunci orang sukses. Orang sukses tanpa kerja keras = good luck. Kerja keras + good luck = masterpiece! Silakan baca biografi tokoh dunia, anda akan tahu bahwa mereka melalui proses yang terjal untuk sampai di gerbang kesuksesan. Jika seorang pengusaha bisa sukses dengan ongkang-ongkang kaki, mungkin semua orang sudah menjadi pengusaha sukses saat ini. Pengusaha yang sukses memberikan 100% kemampuan mereka untuk menggeluti bidang yang mereka pilih. Jangan memikirkan hasil dulu di awal-awal. Banyak usaha merugi di tahun pertama dan kedua, kemudian menikmati keuntungan yang luar biasa di tahun-tahun berikutnya. Oleh sebab itu, untuk menjadi pengusaha sukses anda harus memberikan 100% kemampuan anda untuk menjalani bidang yang anda sukai. Jalani saja dengan sebaik-baiknya, sementara hasil sudah ada yang mengatur.
  4. Pakai insting anda. Terkadang insting lebih akurat daripada berbagai analisis. Otak manusia bekerja seperti komputer biner yang menganalisa informasi berdasarkan 1 dan 0 atau hitam dan putih. Sementara perasaan lebih seperti komputer yang menganalisis berbagai informasi yang “tidak jelas”. Berkaitan dengan hal ini, perasaan dan pikiran sering berjalan tidak beriringan. Saat pikiran mengatakan A, perasaan justru berkata B. Yang perlu anda ketahui adalah perasaan lebih ahli dalam menganalisis kejadian berdasarkan fakta-fakta yang tidak jelas, berbeda dengan pikiran yang mengolah informasi secara logis. Jadi jika suatu saat anda sampai pada situasi dimana pikiran dan perasaan berseberangan, kemungkinan besar perasaan / insting anda yang benar. Oleh sebab itu jangan pernah remehkan insting karena itu mungkin akan mengantarkan anda ke gerbang kesuksesan.
  5. Untuk menjadi pengusaha sukses, jangan anggap enteng kemampuan kelompok. Mungkinkah anda menjadi pengusaha sukses dengan kemampuan sendiri? Banyak orang yang berkata bahwa, “Saya sukses karena tekad dan kemampuan sendiri”. Namun sadarkah anda saat usaha anda berkembang, anda akan mempekerjakan orang untuk membantu tugas anda? Itu sudah menjadi bukti bahwa orang lain juga turut berperan dalam kesuksesan anda. Gurita tidak akan mampu bertahan tanpa kedelapan kakinya, sebagaimana pohon tidak akan mampu bertahan tanpa semua akarnya. Anda bisa mengambil posisi leader di dalam usaha anda, namun hargai juga usaha orang-orang yang telah mengantarkan anda sampai ke posisi tersebut.

Nah, itu tadi cara menjadi pengusaha sukses. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.