Cara Menjadi Pekerja Freelance yang Sukses

Cara Menjadi Pekerja Freelance yang SuksesCaraKomplit.com – Bekerja menjadi seorang freelancer sama seperti bekerja di kantor, perlu kesungguhan dan keseriusan untuk menjalankannya. Tanpa disiplin yang tinggi, anda akan kesulitan dalam menyelesaikan berbagai tugas yang dibebankan. Freelance atau pekerja lepas pada dasarnya adalah mencari pekerjaan di sela-sela kesibukan di kantor. Namun banyak juga yang menekuni freelance hingga akhirnya menjadi profesi utama. Bagaimanakah menjadi pekerja freelance yang sukses? Beberapa tips berikut ini mungkin terlihat umum, namun tetap akan membantu anda untuk menjadi freelance yang baik.

Membuat rencana kerja

Ini adalah hal yang wajib dibuat oleh seorang pekerja freelance. Menuangkan ide-ide ke dalam secarik kertas akan membantu anda untuk merencanakan karir freelance anda. Dunia freelance dan kerja nyata sama luasnya, jika anda tidak menetapkan tujuan anda sejak dini anda akan kesulitan untuk mengelola waktu dan tenaga nantinya. Dengan membuat rencana bisnis, anda juga bisa memperkirakan resiko apa saja yang mungkin dihadapi di masa depan dan segala tantangan berkaitan dengan pekerjaan yang akan anda lakukan.

Mulailah sejak awal

Jika anda sudah memiliki tekad yang kuat untuk memulai pekerjaan freelance, maka jangan menunda-nunda waktu. Ini hanya akan membuat anda semakin malas untuk mencoba. Kapanpun niat itu muncul, lakukan saja. Membiasakan diri untuk bekerja secara teratur akan membuat anda lebih mudah dalam mengelola waktu dan pikiran nantinya.

Manfaatkan software

Freelance tidak hanya ada di dunia offline, banyak pekerja yang mencari lowongan freelance secara online. Anda tidak bisa menutup mata, perkembangan internet belakangan ini sudah semakin pesat. Pekerjaan apapun yang bisa ditemukan offline, nyaris semuanya bisa ditemukan online. Mencari employer juga sangat mudah saat ini. Anda hanya perlu mengunjungi beberapa situs freelance kemudian anda bisa langsung meminta pekerjaan. Bekerja freelance online akan memerlukan cukup banyak software, terutama jika anda berurusan dengan website, komputer, atau yang lainnya. Software-software ini akan memudahkan tugas anda. Ada banyak software pendukung yang bisa temukan di internet. Beberapa gratis, sementara yang lainnya berbayar. Berinvestasi untuk produk-produk online tidak masalah sepanjang bisa mendukung karir anda sebagai freelancer.

Buat website dan update secara teratur

Website adalah pilar utama freelance online. Tanpa website anda akan kesulitan untuk menjabarkan apa saja kemampuan anda serta layanan apa yang ingin anda tawarkan. Fungsi website sangat banyak, salah satunya adalah untuk promosi online. Silakan buat website berisi profil diri dan pekerjaan anda. Jika ada perusahaan atau individu yang tertarik untuk mempekerjakan anda, anda bisa meminta mereka untuk berkunjung ke website anda kemudian melihat profil dan portofolio anda disana. Mengupdate blog secara teratur juga sangat penting karena itu menunjukkan bahwa anda serius dengan jasa atau pekerjaan yang anda tawarkan.

Memilih logo yang menarik

Ini juga merupakan tips penting untuk menjadi pekerja freelance yang sukses. Katakanlah anda memiliki keahlian dalam bidang penulisan artikel, kemudian anda membuka jasa secara online. Hal pertama yang harus anda buat untuk berpromosi tentu saja website. Website akan terlihat lebih profesional jika memiliki logo khusus. Memilih logo sangat penting karena itu bisa menjadi gambaran jati diri anda. Jika anda tidak terlalu ahli dan membuat desain logo, anda bisa menemukan banyak freelancer yang menawarkan jasa seperti ini. Ingatlah bahwa kekuatan “branding” itu sangat penting untuk mempopulerkan jasa atau kemampuan anda.

Belajar mengatakan tidak!

Menerima pekerjaan freelance tidak sama dengan pekerjaan kantor. Di kantor sudah ditetapkan berapa jam anda harus bekerja. Sedangkan pada freelance anda memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi walaupun tetap terikat dengan aturan-aturan. Jangan terlalu banyak menerima pekerjaan freelance jika anda tidak sanggup untuk mengerjakannya. Fokuslah hanya pada klien yang sudah anda miliki. Jika ada calon klien yang ingin menawarkan pekerjaan sementara anda sudah memegang terlalu banyak tugas, maka belajarlah untuk mengatakan tidak.

Pakailah sosial media

Anda mungkin pernah mendengan linked.in. Ini adalah social media yang banyak dipergunakan oleh pencari kerja dan perusahaan. Anda bisa memasang profil diri dan pekerjaan anda pada situs-situs seperti ini. Beberapa jenis pekerjaan tidak mengharuskan seseorang untuk bertatap muka langsung sehingga anda mungkin saja mendapatkan tawaran pekerjaan dari luar Negeri. Promosi lewat sosial media sangat penting agar orang-orang menyadari keberadaan anda. Jika anda memiliki kemampuan desain, anda bisa memanfaatkan devianArt, youtube, dsb

Manfaatkan situs-situs freelance

Ini adalah salah satu rahasia sukses menjadi pekerja freelance. Situs freelance adalah situs yang menghubungkan pencari kerja dengan perekrut karyawan. Freelancer.com, Guru.com, dan Elance.com hanya beberapa dari puluhan situs freelance yang bisa anda temukan saat ini. Cara kerja situs ini cukup gampang. Anda hanya perlu memberikan penawaran dari setiap proyek yang disediakan oleh perusahaan. Jika mereka cocok dengan kemampuan anda, maka mereka akan langsung memberikan pekerjaan tersebut. Untuk itu bangunlah profil pekerjaan sebaik yang anda bisa.

Siapkan dana cadangan

Pekerjaan dan bisnis seringkali fluktuatif. Saat ini anda bisa sangat berjaya, namun besok kondisi bisa tiba-tiba saja berubah. Dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini, anda haru selalu mempersiapkan dana cadangan. Tidak hanya dana saja, namun berbagai hal yang mendukung karir freelance anda juga harus dicadangkan. Suatu saat karena kebutuhan mendadak anda mungkin harus memakai dana cadangan tersebut.

Jadilah sekreatif mungkin

Ini juga salah satu faktor penting untuk menjadi pekerja freelance yang sukses. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi kreatif. Anda tidak harus mengikuti tren yang berlaku saat ini. Melawan arus mungkin akan membantu anda terlihat berbeda dari kompetitor anda sehingga orang menilainya sebagai kelebihan, bukan kekurangan. Berpikir kreatif bisa anda aplikasikan pada berbagai bidang dalam karir freelance anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.