Cara Mencari Uang Tambahan

CaraKomplit.com – Tuntutan hidup semakin tinggi, pengeluaran juga semakin besar. Tingkat kebutuhan setiap orang tentu berbeda-beda. Anda yang masih berada di bangku sekolah misalnya, tentu cukup banyak uang yang harus anda keluarkan setiap bulannya. Mulai dari biaya kos, makan, SPP, dan untuk kebutuhan lainnya. Jika anda tidak mau merepotkan orang tua untuk membayar kebutuhan anda, maka anda bisa melakukan kerja sampingan. Ada banyak cara untuk mencari uang tambahan, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Cara mencari uang tambahan yang pertama adalah carilah pekerjaan paruh waktu. Jika anda tidak bisa meninggalkan kesibukan utama anda, maka pekerjaan paruh waktu adalah pilihan yang tepat. Bekerja beberapa jam dalam sehari sudah cukup untuk menambah pundi-pundi rupiah anda. Bingung mencari kerja apa? Ada banyak sekali yang bisa anda coba, misalnya menjadi pengantar pizza. Tidak ada skill khusus yang perlu dimiliki untuk melakoni profesi ini selain kebisaan mengendarai sepeda motor. Berikutnya adalah menjadi pelayan restoran atau kafe. Tergantung dimana anda bekerja, profesi ini bisa menghasilkan cukup banyak uang. Anda tentu pernah mendengar tamu yang memberikan uang tips kepada pelayan. Nah, uang tambahan dari sini bisa lebih banyak daripada gaji utama yang anda dapatkan. Jika anda memiliki kemampuan meracik minuman, anda juga bisa menjadi bartender. Namun pekerjaan ini mungkin tidak begitu saja bisa didapatkan, sebab meracik minuman dan juggling botol memerlukan latihan intensif. Contoh mudah lainnya adalah menjadi penjaga toko atau loper koran. Mencari uang tambahan dengan kerja sampingan bukanlah hal baru. Anda bisa membuka surat kabar atau mencari lowongan di internet.
  2. Cara mencari uang tambahan berikutnya adalah berbagi kemampuan  / keahlian. Jika anda memiliki nilai matematika yang baik, mengapa tidak anda mencoba menjadi pengajar? Siswa SMA pun sudah bisa memberikan kursus kepada murid SD atau SMP sepanjang anda merasa yakin dengan kemampuan anda. Jika anda sedang menempuh pendidikan matematika di perguruan tinggi, itu lebih bagus lagi. Menjadi guru les tidak harus memiliki title tertentu, misalnya D3 atau S1. Asalkan kemampuan sudah memadai di bidang yang ingin diajarkan, maka siapapun bisa menjadi pengajar. Apapun kemampuan yang anda miliki sebenarnya bisa diuangkan. Misalnya anda memiliki keahlian berenang, anda bisa menjadi pelatih renang. Yang menjadi masalah adalah biasanya lisensi. Kebanyakan pekerjaan menuntut pelamar untuk memenuhi kriteria khusus, misalnya harus memiliki gelar sarjana atau diploma. Namun tidak sedikit pula yang hanya memerlukan ijazah SMA, coba saja melamar pada tempat tersebut.
  3. Menjadi perawat atau pembantu. Jika tujuan anda mencari uang tambahan, tentu pekerjaan kasar tidak masalah bukan. Banyak pekerjaan membantu yang bisa anda coba, misalnya membantu merawat rumah, anak-anak, hewan peliharaan, dsb. Upah yang diberikan biasanya sesuai dengan tanggung jawab yang harus dipengang. Menjadi baby sitter misalnya, anda benar-benar harus telaten sebab karakteristik setiap anak berbeda-beda. Ada kalanya mereka ingin bermain, dan ada kalanya mereka marah. Anda harus melatih kemampuan anda dalam mengatur mereka. Kemudian merawat hewan, anda harus tahu perilaku mereka. Anda harus tahu kapan mereka ingin bermain, makan, ciri-ciri saat mereka sakit, dsb.
  4. Tidak hanya mencari pekerjaan dari luar, anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dari pekerjaan yang sedang anda jalankan. Salah satu contohnya adalah kerja lembur. Coba tanyakan apakah anda bisa mengambil jam kerja tambahan di kantor. Anda juga bisa bertanya kepada bos tentang peluang promosi. Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi pula gaji yang didapatkan. Kenaikan pangkat seringkali membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Oleh sebab itu, jalani pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya.



Advertisement


  • Nito says:
    Your comments will appear after approval.

    Jadikan kegagalan sbagai kunci kesemangatan,
    Maka temui keyakinan dan keberanian,
    Keberanian datang menemui kepercayaan diri,
    Kepercayaan diri datang temui keyakinan,
    Jgn lupa barengin dgn kesabran dan ketekunan,
    Maka temuilah yg namanya kesuksesan/keberhasilan,

Comment

Your email will not be displayed.