Cara Memulai Usaha Toko Online

CaraKomplit.com – Kemudahan dalam bertransaksi adalah salah satu penyebab mengapa toko online sangat menjamur belakangan ini. Penjual tidak lagi harus menyewa tempat untuk menggelar dagangan mereka. Hanya dengan koneksi internet dan sebuah laptop, dari anak SMP hingga mahasiswa, dari petani hingga pengusaha bisa membuat toko online jika mau. Tanpa dasar pengetahuan pun tidak masalah karena kita sudah dimudahkan dengan hadirnya para penjual desain toko online. Cukup mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu rupiah, kita sudah bisa mendapatkan desain toko online yang kita inginkan.

Tugas kita selanjutnya adalah menawarkan produk yang kita punya. Pada dasarnya ada beberapa tipe orang yang memulai usaha toko online. Yang pertama adalah produsen yang memang memerlukan jalur online untuk memasarkan produk mereka. Kedua adalah affiliate marketer, mereka yang menjual barang dari produsen untuk memperoleh komisi. Affiliate marketer tidak perlu membuat produk untuk toko online mereka. Ia hanya bertugas untuk mencari produsen dan membantu memasarkan produk tersebut untuk mendapatkan komsisi. Ada lagi reseller dan drophsipper. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang tipe pengusaha toko online, melainkan bagaimana cara memulai usaha toko online. Let’s cekidot:

Tahap pertama: membuat atau mencari produk

Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, tipe pengusaha toko online bisa dibagi menjadi jadi produsen atau affiliate marketer. Tentukan mana yang anda akan jalani sekarang. Jika anda memang seorang produsen, maka tahap ini bisa dilewati. Yang perlu perjuangan ekstra keras adalah bagi anda yang menjadi affiliate marketer. Jangan memikirkan untung dulu saat hendak memulai usaha toko online. Persaingan toko online saat ini sangat ketat. Jika anda salah langkah, anda akan kesulitan untuk menghasilkan penjualan. Opsi pertama adalah menjual produk yang peminatnya konstan atau terus bertambah, misalnya produk kecantikan, kesehatan, dll. Yang kedua adalah memilih produk yang sedang trending. Anda pikir angry birds akan eksis sepanjang masa? Nope. Ini adalah tipe produk toko online musiman yang ada pasang surutnya. Silakan tentukan produk online yang mana yang akan anda ambil. Jangan terlalu general karena pengusaha toko online sangat banyak, anda harus berkompetisi dengan mereka untuk mendapatkan penjualan.

Tahap kedua: ukur kompetisi

Jika anda ingin kebanjiran pengunjung dari mesin pencari dengan kata kunci “obat diet” atau “obat penurun berat badan”, mungkin anda harus berinvestasi puluhan atau ratusan juta rupiah untuk optimasi website. Terlalu over optimasi juga tidak boleh karena website anda bisa menghilang dari peredaran. Google masih menjadi Raja mesin pencari di Indonesia, dan sekarang peraturan mereka semakin ketat terhadap website yang melakukan optimasi berlebihan. Ada banyak tools yang bisa anda pakai untuk mengukur kompetisi toko online, salah satunya adalah Google Keyword Tool, kemudian ada pula Google Insight. Mengenai kegunaan tools ini, bisa anda cari di internet. Rule untuk sukses dalam memulai usaha toko online adalah cari produk yang kompetisinya sedikit namun konversi penjualannya besar. Bingung? Anda memang harus berusaha keras untuk melakukan hal tersebut. Luangkan waktu anda untuk mencari produk toko online. Karena jika anda benar dalam memilih, semuanya akan menjadi lebih mudah.

Tahap ketiga: buat toko online dengan desain profesional

Toko online yang terlihat profesional akan lebih mudah menarik minat pelanggan. Untuk mengetes bagaimana daya tarik toko online anda, buatkan saja poll pada website tentang apakah desainnya menarik dan katalog produknya tertata rapi atau tidak. Anda bisa membuat toko online dengan berbagai platform, seperti wordpress, blogspot, presta shop, dll. Jika anda benar-benar buta soal desain, silakan pakai jasa pembuatan toko online. Investasikan sedikit uang anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Harga jasa ini beragam, dari ratusan ribu hingga jutaaan rupiah, namun mereka “worth it” untuk dicoba.

Tahap keempat: diversifikasi marketing anda

Seperi jaring laba-laba, semakin luas ukurannya, semakin banyak serangga yang tertangkap. Hal ini juga berlaku untuk toko online. Saat anda memulai usaha toko online,  marketing selalu menjadi pilar terpenting. Jangan hanya andalkan traffic dari mesin pencari karena ribuan toko online bersaing disini. Media lain yang bisa anda coba adalah PPC, social media marketing (twitter, facebook, pinterest, linked.in, youtube, dsb), PTC, traffic exhange, forum marketing, dan masing banyak lagi. Intinya adalah jangan meletakkan telur dalam satu keranjang

Itu tadi pembahasan cara memulai usaha toko online. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


  • Jendra says:

    Pengen juga punya toko online….makasih infonya, akan saya coba.

  • Tuty Ratna says:

    wah info yang sangat bermanfaat. sedikit sharing juga, untuk mengetahui produk apa yang akan kita jual lebih baik untuk melakukan survey dulu, cukup dengan membuat matriks apa pro-kons dari produk itu pada OL shop yang sudah ada..dan sepertinya menjadi reseller atau dropshipper cukup bagus untuk memberikan pengalaman berbisnis toko online. Sedangkan untuk desain toko onlinenya lebih baik melihat kondisi kita, apakah kita full timer di bisnis online atau hanya sekedar part timer saja, karena ada beberapa desain toko online yang sangat membutuhkan waktu khusus untuk memaintainnya yang saya rasa untuk ukuran orang yang hanya menjadikan toko online sebagai selingan agak sulit dan perlu admin khusus.

  • bisnis it says:

    informasi yg sangat bermanfaat, trims atas infonya….

  • anto says:

    cara memulai bisnis dan cara memulai usaha kalau barang atau produknya ada bisa dilakukan, kalau jasa seminar training motivasi ada saran ?

  • nandar says:

    giman caranya kalo kita mau publikaikan toko online kita?

    • admin says:

      Ada banyak cara untuk mempublikasikan toko online. Nanti akan saya bahas pada post-post selanjutnya ya. Terimakasih sudah berkunjung :)

Comment

Your email will not be displayed.