Cara Membuka Bisnis Makanan / Kuliner

CaraKomplit.comBisnis makanan adalah bisnis yang menjanjikan dan tidak akan pernah surut. Kebutuhan orang terhadap makanan adalah yang membuat bisnis ini terus hidup. Namun seiring dengan semakin banyaknya pengusaha makanan bermunculan, menciptakan atmosfir persaingan yang ketat. Kita harus benar-benar mempersiapkan diri dari awal agar tidak kalah saing. Satu faktor kunci dalam bisnis makanan adalah bagaimana meracik menu yang lezat. Sedangkan untuk harga itu tergantung dari segmen mana yang ingin anda sasar.

Identifikasi produk makanan

Sebelum memulai bisnis kuliner, anda harus mencari tahu makanan apa yang kira-kira banyak peminatnya. Makanan ada banyak sekali jenisnya, mulai dari makanan ringan, makanan berat, kudapan, dll. Untuk prospek jangka panjang, pilihlah jenis makanan yang akan selalu dicari banyak orang, tidak ada pasang surutnya. Hindari menjual makanan mengikuti trend. Misalnya saat ini sedang booming makanan A, lalu anda menggelontorkan dana yang sangat besar untuk membuka bisnis ini. Membuka bisnis makanan berdasarkan tren sah-sah saja, namun anda harus memperhitungkan untung ruginya secara cermat. Jika sudah lewat masa “booming” tersebut, permintaan makanan akan turun secara drastis dan anda harus siap dengan segala resikonya.

Misalnya saja anda mengkhususkan diri pada penyediaan makanan penutup (dessert). Silakan tentukan niche yang lebih spesifik, misalnya roti, kue, cookies, makanan kaleng, atau yang lainnya. Apakah anda ingin membuka bisnis bakery atau restoran? Kemudian apakah anda ingin menjadi suplier makanan, usaha catering, atau semacamnya? Bisnis makanan begitu luas sehingga anda harus memutuskannya secara hati-hati. Selain itu berapa banyak bidang penyediaan makanan yang ingin anda coba. Produksi makanan dimulai dengan bahan mentah, kemudian pemilihan bahan, memasak bahan, hingga jadilah makanan yang sudah matang. Silakan anda tentukan ingin berada di level yang mana. Jika anda masih baru, anda sebaiknya pelajari satu bidang dulu. Jika sudah merasa mampu, anda bisa melanjutkan ke bidang yang lain.

Mengembangkan produk anda

Memulai bisnis makanan bukanlah perkara mudah. Anda perlu membuat makanan yang bisa memuaskan banyak konsumen. Tentu saja maksudnya disini  adalah soal rasa, tampilan, dan kebersihan. Semuanya harus dijaga dengan baik agar konsumen merasa senang. Silakan tentukan menu spesial apa yang akan anda tawarkan untuk meningkatkan sisi komersil. Karena biasanya setiap restoran atau tempat makan memiliki makanan andalan yang biasanya ditawarkan kepada pembeli. Satu hal yang juga penting adalah anda dan seluruh karyawan harus sudah ahli dengan makanan yang anda buat. Artinya hari ini, besok, atau seterusnya rasanya tetap sama. Setelah menu siap, anda bisa meminta teman atau saudara untuk datang mencicipi. Jika sebagian besar merasa puas, berarti anda sudah siap membuka bisnis makanan tersebut. Sedangkan jika ada yang merasa kurang puas, perbaiki lagi resep masakan tersebut agar memuaskan.

Menentukan tempat produksi

Hal lain yang juga penting dalam membuka usaha kuliner adalah menentukan tempat operasional. Apakah semua teknologi pendukung untuk menyiapkan makanan sudah siap? Misalnya untuk membuka bisnis kue, maka akan membutuhkan ruang pemanggangan yang cukup besar. Belum lagi ruangan untuk mengemas makanan dan menyortirnya. Pertimbangan lainnya adalah melihat apakah saluran air lancar, ventilasi udara sudah baik, ada tempat pembuangan limbah, sanitasi, tempat penyimpanan, dll. Pastikan semua elemen ini mudah dicari dan letaknya berdekatan. Standar produksi juga penting untuk menjaga kualitas makanan. Oleh sebab itu selalu latih karyawan baru sebelum mereka benar-benar terjun ke dapur untuk membuat makanan sendiri.

Memasarkan makanan anda

Strategi pemasaran akan sangat tergantung dari usaha makanan yang anda geluti. Namun aspek terpenting adalah proses distribusinya. Jika memiliki modal besar, mungkin anda bisa memulai dengan beberapa outlet sekaligus. Sedangkan jika modal anda minim, anda bisa memulai dengan 1 outlet saja. Jika anda ingin membuka bisnis makanan sistem outlet, pemilihan lokasi juga penting, apakah di samping jalan, di samping toko, di dalam mall, dsb. Aturan terpenting adalah pilih tempat yang ramai pengunjung. Makanan tidak mengenal strata sosial, jika orang ingin mereka pasti akan membelinya, tidak peduli anda berjualan di depan toko atau di dalam mall.

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang cara membuka bisnis makanan. Semoga membantu.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.