CaraKomplit.com – Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, ada banyak bisnis online yang bisa anda ikuti. Kali ini kami akan memberikan sedikit tips untuk mengikuti bisnis internet PPC, lebih spesifik lagi Google Adsense. Seperti yang anda ketahui, Google masih menjadi raja mesin pencari saat ini. Setiap kita ingin mencari informasi, pasti akan membuka Google terlebih dahulu. Google juga membuka peluang bagi para publisher untuk membantu mempromosikan website dari kliennya. Tentu saja anda akan dibayar dengan sejumlah uang untuk ini. Ada beberapa tahapan berbisnis internet Adsense, berikut adalah beberapa diantaranya:

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat website. Beberapa tahun ke belakang, program Google Adsense belum mendukung website / blog berbahasa Indonesia. Jadi jika anda mengikutkan blog berbahasa Indonesia pada program ini, tinggal menunggu waktu saja sebelum akun tersebut dibanned. Iya, anda memang harus berhati-hati karena peraturan di dalam program ini sangat ketat. Namun sekarang program ini sudah mendukung bahasa Indonesia, jad anda bisa lebih leluasa memasang kode iklan pada blog berbahasa Indonesia.

Yang pertama adalah anda harus membuat blog. Ini merupakan pilar utama dari bisnis online. Apapun jenis bisnisnya, pasti akan membutuhkan website / blog. Anda bisa membuat blog gratis di blogspot atau memakai hosting berbayar. Yang terpenting adalah anda sebaiknya memakai domain TLD karena biasanya lebih mudah di approve oleh adsense. Setelah memiliki nama domain, selanjutnya buatlah sebuah blog. Jika anda ingin membuat blog dengan platform blogspot, silakan buat akun gmail dulu baru buat blog. Jika anda ingin memakai wordpress self hosting, anda perlu menginstal wordpress dari cpanel.

Tahap kedua untuk berbisnis internet adsense adalah anda harus posting cukup artikel di blog. Pada program ini ada istilah HPK atau high paying keywords. Artinya keyword  yang memiliki nilai klik tinggi. Iya, sistem pendapatannya memang berdasarkan klik. Misalnya satu hari blog anda bisa menghasilkan 20 kali klik iklan, dan setiap iklan menghasilkan $0.5, maka sehari anda bisa menghasilkan $10. Nilai klik tiap iklan tidak sama. Jika anda ingin dapat banyak dari program ini, incarlah keyword HPK. Misalnya keywordnya adalah “asuransi”. Buatlah website yang bertemakan asuransi. Di dalam setiap artikel, selipkan kata “asuransi” secukupnya karena iklan akan muncul sesuai topik dari setiap artikel.

Nah, setelah memposting cukup artikel di  blog, tahapan berikutnya berbisnis internet adsense adalah mencari pengunjung. Percuma anda memasang iklan adsense di blog jika pengunjungnya tidak ada sama sekali. Dilarang mengklik iklan sendiri karena ini bisa berakibat banned. Klik yang valid adalah klik dari mesin pencari, jadi jangan coba-coba memanipulasi klik jika ingin akun anda aman. Mencari traffik dari mesin pencari susah-susah gampang. Yang terpenting dalam hal ini adalah mengetahui kompetisi. Setiap kata kunci memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Jangan menyasar kata kunci yang terlalu umum, karena kesempatan untuk menang sangat kecil, apalagi memakai domain baru. Long tail keywords lebih baik jika anda ingin bersaing dengan blog berbahasa inggris.

Ada 2 macam optimasi, yaitu optimasi dari dalam (optimasi on page), dan optimasi dari luar (optimasi offpage). Optimasi on page adalah bagaimana kita membuat blog lebih SERP friendly, misalnya dengan memasang breadcrumbs, memberikan heading pada artikel, italic, underlined, bold, memberikan meta tag, mempercepat loading blog, dan masih banyak lagi. Sementara optimasi offline adalah mencari backlink menuju website anda. Jika ada banyak website memberikan link menuju website anda, maka website anda akan dianggap penting oleh mesin pencari sehingga berpotensi besar tampil di halaman-halaman awal. Namun jangan pernah melakukan spamming saat melakukan link building karena Google sangat membenci link building yang berlebihan dan tidak natural. Lakukan semuanya sendiri agar terlihat lebih natural. Sumber link bisa darimana saja, misalnya dari Web 2.0, social bookmark, forum, dan masih banyak lagi.

Nah, sekian informasi tentang cara berbisnis internet Google Adsense. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement