Langkah-langkah Membuat Website

CaraKomplit.com – Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan kita dengan orang-orang di seluruh dunia. Untuk terhubung dengan orang di dunia maya, kita sering memakai jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter dan juga forum. Namun untuk lebih personal, anda juga bisa memakai website. Penggunaan website saat ini sudah sangat luas. Bukan hanya sebagai sarana untuk berbagai tulisan pribadi, namun banyak website sudah menjelma menjadi media penyebar berita, gosip, bahkan ladang untuk mencari uang. Iya, memang pertumbuhan website belakangan ini sangat cepat. Kegiatan utama kita saat berinternet adalah mengunjungi website. Anda tentu sudah sering melihat website dengan berbagai macam tampilan. Kali ini kami akan memberikan langkah-langkah membuat website dengan platform wordpress.

langkah-langkah membuat website

  1. Untuk membuat website dengan wordpress, yang pertama kali harus anda lakukan adalah membeli domain. Sebenarnya jenis website wordpress ada dua, yaitu memakai hosting dari wordpress atau hosting pribadi. Jika anda memakai hosting wordpress, maka tidak perlu lagi membeli domain ataupun hosting. Namun kali ini kami akan memberitahu cara membuat website dengan self hosting. Mengapa harus self hosting? Ada banyak keuntungan memakai hosting sendiri / pribadi, salah satunya adalah anda menjadi lebih bebas mengelola website, tanpa khawatir ancaman banned atau yang lainnya. Nah, untuk membuat domain, silakan anda baca pembahasan berikut ini.
  2. Setelah membeli domain, berikutnya anda harus membeli hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website anda. Tanpa hosting, website tidak akan bisa dibuat. Berkaitan dengan provider hosting, ada banyak sekali yang bisa anda pilih. Ada  penyedia hosting lokal, ada pula layanan hosting internasional. Namun kami sarankan agar anda hati-hati sebab banyak penyedia layanan hosting berkualitas buruk yang bisa merepotkan konsumennya. Untuk memilih hosting berkualitas, anda bisa membaca review terlebih dahulu. Jika sebuah perusahaan hosting mendapatkan feedback positif dari pengguna, maka berarti hosting tersebut bisa diandalkan. Biaya hosting sangat beragam. Untuk website personal, anda mungkin hanya perlu mengeluarkan sekitar 50 ribu rupiah per bulan. Sementara untuk hosting spesifikasi tinggi, biasanya untuk website komersil dengan traffic tinggi, anda bisa memilih VPS atau dedicated hosting yang tarifnya bisa jutaan rupiah per tahun.
  3. Langkah-langkah membuat website dengan wordpress sebenarnya tidak sulit. Setelah anda memiliki hosting dan domain, tugas berikutnya adalah mensikronisasikan keduanya. Silakan login ke halaman cpanel hosting anda. Biasanya setelah anda mendaftar hosting, anda akan dikirimi username dan password cpanel. Cpanel ini adalah “otak” dari website. Menambah mengurangi domain, mengatur keamanan website, menginstall CMS, dll bisa dilakukan dari Cpanel. Untuk membuat website, anda perlu menginstal CMS wordpress. Di dalam halaman Cpanel biasanya terdapat berbagai macam CMS, kali ini kita akan membahas wordpress saja. Klik menu “wordpress” yang terlihat pada Cpanel dan ikuti instruksinya hingga instalasi selesai. Jika anda bingung, silakan minta panduan dari CS tempat anda membeli hosting. Biasanya mereka sudah menyediakan panduan step by step nya.
  4. Setelah menginstal wordpress, tahap selanjutnya anda perlu mengarahkan DNS atau domain name server. Ini perlu dilakukan jika anda membeli hosting pada tempat terpisah. Misalnya anda membeli hosting di hostgator dan domain di godady. Anda wajib mengatur DNS agar keduanya terhubung sehingga website bisa dibuat. Pengaturan DNS bisa dilakukan langsung dari akun godaddy atau di tempat anda membeli domain. Untuk tutorial lengkap, anda bisa langsung meminta CS tempat anda membeli domain. Biasanya sudah disediakan langkah-langkah mengatur DNS secara detil.
  5. Nah, setelah semua tahapan ini terlewati, website anda sudah selesai. Anda bisa mengeceknya dengan mengetikkan nama domain di browser.

Sekian langkah-langkah membuat website. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.