Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Cara Mudah Membuka Situs yang DiblokirCaraKomplit.com – Ada banyak website yang bisa kita akses di internet. Namun karena satu dan lain hal, beberapa dari website tersebut tidak bisa diakses. Pemblokiran situs bisa dilakukan ole ISP atau admin jaringan. Untuk mengakses situs yang diblokir kadang perlu usaha ekstra dan harus melalui tahapan yang rumit. Namun ada beberapa yang cukup mudah untuk melakukannya, seperti:

Mengganti DNS server

DNS server merupakan sebuah indeks yang berisi nama-nama domain yang terdapat di internet, seperti google.com, facebook.com, dsb. Saat kita mengetikkan domain dari sebuah website di browser, komputer akan melakukan kontak dengan DNS server dan akan membertahukan alama IP dari domain tersebt. ISP memblokir website dengan menghapus nama domain tersebut dari daftar. ISP bisa mengalihkan akses ke domain tersebut atau memunculkan semacam notifikasi / pemberitahuan. Saat ini ada beberapa layanan DNS yang bisa pergunakan secara gratis, yang paling populer adalah Google DNS dan OpenDNS. Anda hanya perlu mengubah setting DNS di modem atau di komputer anda. Untuk melakukan setting pada komputer, anda bisa menuju control panel >>> Network and Internet >>> Network and Sharing Center >>> Change adapter settings. Kemudian klik kanan pada bagian your network adapter, lalu klik Internet Protocol Version 4, dan terakhir klik menu properties. Anda bisa mengganti DNS yang tercantum disana dengan Google DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 atau open DNS 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Setelah itu simpan pengaturan tersebut, restart komputer anda, lalu coba kembali melakukan koneksi internet.

Memakai proxy

Ini juga merupakan cara yang sangat mudah untuk membuka situs yang diblokir. Anda tidak perlu memakai tool khusus atau melakukan pengaturan yang rumit. Sebelumnya, mungkin anda ingin tahu dulu apa itu proxy. Proxy adalah layanan untuk mengakses website menggunakan koneksi internet tertentu. Situs proxy biasanya sudah mengatur layanan mereka sedemikian rupa sehingga mampu melewati berbagai batasan atau pemblokiran yang dilakukan oleh ISP. Untuk membuka situs yang diblokir, silakan kunjungi salah satu situs proxy, kemudian masukkan URL / domain yang ingin anda akses ke dalam kotak pencarian dan tekan “Go” atau submit. Berikutnya anda akan melihat website yang diblokir tersebut pada layar komputer anda.

Via Google translate atau Google cached

Ini juga merupakan cara sederhana untuk membuka blokir situs. Hampir semua website, terutama website yang terindeks baik di mesin pencari memiliki fitur caching. Saat ingin mencari halaman tertentu pada sebuah website lewat Google, anda akan melihat “cached link” dari halaman tersebut. Arahkan kursor anda ke samping link website hingga muncul tanda panah seperti ini (>>). Setelah itu di sampingnya akan muncul layout website tersebut dan link “cached” di atasnya. Silakan anda klik link tersebut kemudian anda akan melihat website yang diblokir tadi. Kekurangan dari metode ini adalah anda tidak bisa melihat konten interaktif di halaman website, seperti flash atau streaming.

Memakai VPN

VPN atau virtual private network juga sering dipakai untuk membuka blokir situs. Ini adalah cara yang paling aman dan cepat untuk mengakses website. Sistem ini membangun sebuah koneksi yang selanjutnya disalurkan ke ISP melalui sebuah layanan VPN. Dengan teknik ini, anda bisa mengakses website dengan bebas tanpa batasan apapun. Namun untuk menginstal program ini cukup susah. Jika ingin lebih mudah, anda bisa memakai layanan VPN yang menawarkan full support.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah untuk membuka website yang diblokir. Semoga membantu.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.