Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Cara Mengamankan Akun Facebook dari HackerCaraKomplit.com – Hacker memang punya sejuta cara untuk meretas akun facebook atau akun-akun lainnya. Oleh sebab itu anda harus waspada. Popularitas facebook sering disalahgunakan oleh orang lain untuk berbagai keperluan, misalnya untuk melakukan penipuan, mengancam, atau hanya sekedar iseng. Jika anda pernah membeli akun facebook atau membeli fanpage facebook, mungkin saja salah satu akun tersebut adalah hasil meretas akun orang lain. Iya, akun facebook yang dibobol memang bisa dipakai untuk apa saja. Berikut adalah beberapa cara mengamankan akun facebook dari hacker:

Jaga alamat email

Email adalah salah satu media hacker untuk meretas akun facebook. Jika hacker sudah mengetahui email anda, maka ia akan dengan mudah mendapatkan informasi umum, seperti nama atau alamat anda. Salah satu cara yang dilakukan hacker untuk membobol email adalah dengan mengetahui passwordnya. Dalam dunia hijacking, ada banyak cara untuk meretas akun email, misalnya dengan menebak atau cara yang lebih canggih. Jika email sudah berpindah tangan, maka hacker akan mudah membobol akun facebook anda. Anda tentu sudah tahu bahwa semua notifikasi dari facebook, termasuk konfirmasi penggantian password akan dikirim melalui email. Jika email sudah dipegang oleh hacker, ia bisa melakukan apa saja terhadap akun tersebut.

lantas bagaimana cara untuk mengamankan akun email?

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktivasi verifikasi 2 langkah. Ada beberapa layanan email yang memberikan fitur seperti ini, misalnya gmail atau yahoo! mail. Ini akan mempersulit hacker untuk masuk ke dalam email anda.
  2. Ganti password email secara rutin, dan pergunakanlah karakter yang tidak mudah ditebak, seperti !@#$%^&. Panjang password juga penting. Semakin panjang password email, semakin susah juga diretas. Sepanjang-panjangnya password email, pastikan anda mudah mengingatnya.
  3. Dari akun facebook, silakan anda sembunyikan email and dari orang lain. Caranya adalah dengan menuju halaman Edit Profile> Contact Information > klik ikon di samping email anda > centang pada bagian “only me”.
  4. Gantilah email utama (primary email) pada facebook dengan email yang hanya anda sendiri mengetahuinya. Silakan anda masuk ke menu Account Settings > Email > kemudian ganti email utama anda dengan email yang baru dan hapuslah email sebelumnya.
  5. Untuk mengamankan akun facebook, anda juga bisa mengaktifkan pengamanan tambahan. Di bagian Account Settings, silakan anda centang pada bagian ‘Secure browsing’ dan ‘Send me an email when a new computer or mobile device logs into this account’, selanjutnya simpan pengaturan tersebut.

Hati-hati phising

Ini juga salah satu cara hacker mengelabui pengguna facebook. Dengan cara ini, hacker akan membuat sebuah halaman yang sangat mirip dengan facebook. Mereka akan mengirimkan halaman facebook palsu ini melalui berbagai media, salah satunya adalah email. Cara ini pada dasarnya adalah mencari-cari kelengahan pengguna. Mereka yang tidak sadar membuka facebook palsu ini akan memasukkan email dan password mereka pada kotak login. Saat ia menekan tombol “submit”, maka data anda akan terkirim ke hacker. Jika email dan password sudah di tangan hacker, maka akun tersebut kemungkinan besar tidak bisa diselamatkan lagi. Terkadang link facebook palsu juga bisa terdapat pada aplikasi facebook.

Ini adalah salah satu tips penting untuk mengamankan akun facebook dari hacker. Perhatikanlah semua website secara keseluruhan sebelum anda login. Jika anda mendapat link facebook dari orang lain, silakan anda periksa kembali URL di browser bar, pastikan yang terketik adalah http://www.facebook.com, bukan alamat lain. Kemudian sebisa mungkin hindari login dari berbagai widget facebook atau aplikasi di website dan blog. Untuk login, ketikkan langsung alamat facebook di browser. Untuk mempermudah anda, silakan bookmark (Ctrl + D) alamat facebook yang asli.

Waspada keylogger

Keylogger adalah sebuah virus yang dibuat untuk memantau komputer seseorang dari jarak jauh. Keylogger bisa diinstal secara langsung, bisa juga diinstal dari jarak jauh. Keylogger akan menyimpan setiap informasi yang anda masukkan pada halaman login. Jika anda sering membuka halaman facebook di warnet, maka anda harus hati-hati karena disana mungkin saja ada keyloggernya. Lalu bagaimana cara mengamankan akun facebook dari keylogger? Pertama, ingatlah untuk menghapus “cookies and cache” setelah anda membuka halaman facebook. Kenudian jangan pernah sembarangan mendownload file dari internet karena mungkin saja file tersebut sudah disusupi keylogger. Beberapa software dan toolbar juga bisa mendeteksi keberadaan keylogger.

Nah, itu adalah beberapa cara mengamankan akun facebook dari hacker.




Advertisement


Comment

Your email will not be displayed.