Cara Merawat Anak Anjing

CaraKomplit.comMerawat anak anjing cukup mudah, yang penting anda harus memberikan mereka makanan dan minum yang cukup, serta jaga kesehatannya. Tips merawat anak anjing berikut ini berlaku untuk semua jenis anjing karena rata-rata anjing memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Yang sulit adalah bagaimana melatih mereka karena setiap ras anjing memiliki temperamen dan tingkah laku yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa tips merawat anak anjing:

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih jenis anjing. Jika anda baru berencana untuk memelihara anak anjing, maka pikirkan jenis anjing yang akan dipelihara. Jika anda tinggal di apartemen yang tidak terlalu besar, anjing mini seperti chihuahua sangat tepat untuk dipelihara. Ras anjing lain yang memiliki ukuran tubuh kecil hingga sedang adalah maltese, shi-tzu, pomeranian, dsb. Sedangkan untuk anjing besar lebih cocok dipelihara di rumah yang memiliki halaman karena mereka memerlukan kebebasan agar tidak menjadi agresif. Setiap ras anjing memiliki temperamen yang berbeda-beda. Anjing yang dasarnya ganas seperti pitbull bisa berubah menjadi tidak terkontrol walaupun anda sudah memelihara dengan sebaik-baiknya. Banyak yang bilang bahwa sifat anjing sangat ditentukan oleh pemiliknya. Ini memang benar, namun tetap saja mereka memiliki karakter masing-masing. Jadi anda harus lebih selektif dalam hal ini.
  2. Tips merawat anak anjing berikutnya adalah jauhkan barang-barang berharga anda. Anak anjing seringkali tidak bisa diam, apa yang dilihatnya akan disobek-sobek dengan giginya. Anjing jenis apapun ada kecenderungan untuk bersikap seperti ini. Anda tidak ingin kan sandal atau sepatu yang dibeli dengan harga jutaan compang-camping karena digigit anjing? Setidaknya jaga barang berharga anda hingga kebiasaannya tersebut menghilang. Letakkan juga benda-benda berbahaya dari jangkauan mereka karena anjing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  3. Persiapkan semua perlengkapannya. Jika anda ingin memberikan perhatian lebih pada anak anjing anda, silakan belikan berbagai perlengkapan untuknya. Beberapa perlengkapan yang perlu anda beli antara lain tempat makan (pilih yang terbuat dari logam agar tidak cepat rusak), tempat tidur, mainan, makanan khusus anjing, perlengkapan mandi (seperti sikat dan shampo anjing). Anjing memang akan tetap hidup tanpa diberikan makanan premium. Namun jika anda memang ingin serius untuk merawat anak anjing tersebut, maka tidak ada salahnya untuk memberikan makanan khusus anjing. Kandungan nutrisi di dalam makanan anjing sangat lengkap dan ini sangat diperlukan untuk tumbuh kembang mereka. Berikan mereka makan secara teratur. Untuk anak anjing berumur 6 hingga 8 minggu, berikan makan 4 kali sehari. Untuk anak anjing 12 hingga 20 minggu, berikan makan 3 kali sehari. Sedangkan jika anjing sudah berumur lebih dari itu, 2 kali sehari sudah cukup.
  4. Nah itu tadi beberapa hal paling mendasar untuk merawat anak anjing, berikutnya peliharalah dia dengan sepenuh hati. Jika anda memang sangat suka anjing, maka pengalaman membesarkan mereka akan terasa amat menyenangkan. Jangan pernah abaikan mereka karena anjing punya perasaan sama seperti kita. Anjing yang merasa ditelantarkan bisa menjadi stress dan tidak terkontrol. Oleh sebab itu luangkan waktu anda setiap hari untuk memberikan makan, memandikan, dan mengajaknya bermain.
  5. Merawat anak anjing harus telaten dan yang terpenting adalah jaga kesehatan mereka. Jika anda meletakkannya di dalam kandang, bersihkan kandang secara teratur. Kemudian anda juga harus memandikannya secara teratur sebulan 2 kali. Pastikan juga anak anjing tersebut banyak berolahraga agar fisiknya menjadi sehat dan kuat. Secara alami, anak anjing cenderung aktif jika anda mau mengajaknya bermain. Kemudian jika ada gejala sakit, segera periksakan ke dokter hewan agar penyakitnya tidak semakin parah.

Nah, itu adalah beberapa cara merawat anak anjing. Semoga bermanfaat untuk anda.




Advertisement


  • Yuditho Uky says:
    Your comments will appear after approval.

    Kak saya tadi baru beli anjing ,, dia baru berumur satu bulan .. saya mau nanya sangat banyak nii ..
    Saya nanya ini :
    - Kalau buat mainan anjing kira kira apa ??
    - Kalau anjingnya belum di suntik rabies cara merawatnya gimana ?
    - Kalau makanannya kira kira apa ni kak , jangan yang mahal mahl bangett :D

    Hanya itu kak .. saya tunggu balasannya ..

    Makasiihhhh …

  • john says:
    Your comments will appear after approval.

    Mo nanya nih
    anjing pertama kali dimandikan saat berusia berapa ?
    apakah menggunakan air hangat ?

    • mai says:
      Your comments will appear after approval.

      saat 2bln, memakai air hangat ………tapi setiba di rmh biarkan 1 minggu terlebih dahulu baru dimandikan,semoga bisa membantu :)

Comment

Your email will not be displayed.