Cara Membersihkan Akuarium yang Kotor

CaraKomplit.com  – Membersihkan akuarium perlu anda lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan ikan dan tumbuhan air yang terdapat di dalamnya. Terdengar simpel memang, namun anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk membersihkan akuarium. Jika anda sudah melihat dinding akuarium berubah warna menjadi hijau, itu berarti alga sudah mulai tumbuh di dalamnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkan akuarium. Berikut adalah tahap-tahap yang harus anda lakuukan:

Tahap 1: Mempersiapkan alat-alat

Ada beberapa perlengkapan yang akan anda perlukan seperti, penyaring / penyedot air (water siphon), pembersih alga, keranjang sampah, baskom untuk wajah ikan, jaring ikan, spons, dan kain. Cukup menyediakan alat-alat ini untuk membersihkan akuarium, tidak perlu peralatan lain seperti detergen atau semacamnya karena bisa berbahaya bagi ikan.

Tahap 2: Membersihkan ornamen dan kaca

Semua ornamen yang terdapat di dalam akuarium harus dipisahkan sementara agar anda bisa membersihkan akuarium secara maksimal. Tidak perlu alat bantu khusus untuk mengangkat ornamen-ornamen tersebut, cukup lakukan dengan tangan. Jika terlalu berat, anda bisa meminta bantuan orang lain. Setelah mengeluarkannya maka bersihkan dulu ornamen-ornamen tersebut. Pasir atau kerikil akuarium biasanya menyimpan kotoran ikan yang cukup banyak. Untuk membersihkannya cukup mudah, anda bisa memakai ayakan sambil menyirami batu dan kerikil tersebut dengan air mengalir. Sedangkan untuk hiasan lain, anda bisa gosok-gosok dengan kain hingga bersih. Ini untuk menyingkirkan kotoran ikan atau alga yang menempel di atas ornamen. Jika anda kesulitan untuk menyingkirkan alga, silakan rendam dalam air panas selama 10 menit untuk mematikannya.

Setelah membersihkan ornamen, selanjutnya bersihkan kaca dengan pembersih alga atau alat kerik khusus. Anda bisa memulainya dari satu sisi akuarium kemudian dilanjutkan ke sisi yang lainnya hingga semuanya kena. Ini juga untuk menghapus alga dan kotoran lain yang menempel di atasnya.

Tahap 3: Mengganti air

Setelah membersihkan semua ornamen dan kaca, langkah selanjutnyaa adalah mengganti air akuarium. Air bersih sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ikan. Letakkan ikan ke dalam baskom yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk mengambil air, anda bisa melakukannya dengan centong air atau agar lebih praktis anda bisa memakai penyaring air khusus. Untuk mempercepat proses ini anda juga bisa memakai pompa air yang terdapat di dalam akuarium. Anda bisa mengganti air secara menyeluruh namun resikonya adalah ikan akan kaget, terutama pada air yang masih mengandung klorin yang tinggi. Untuk mendapatkan air yang lebih sehat untuk ikan, anda bisa mengendapkan air selama sehari sebelum memasukkannya ke dalam akuarium. Anda juga bisa memasukkan water conditioner untuk menetralkan semua zat yang terdapat di dalam air. Jumlah yang harus anda masukkan tergantung dari jumlah air yang diganti.

Tahap 4: Cek PH

Mengecek tingkat keasaman air perlu dilakukan untuk menghindari masalah pada ikan. PH yang baik adalah berkisar 7-7.5. Anda bisa mengecek keasaman dengan kertas indikator PH.

Tahap 5: Masukkan semua ornamen dan ikan

Jika semua tahap diatas sudah anda lakukan, anda hanya perlu memasukkan semua ikan dan ornamen ke dalam akuarium.

Sekian informasi tentang cara mudah membersihkan akuarium. Semoga membantu.




Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.