Cara Mudah Menghemat Pengeluaran

CaraKomplit.com – Ada banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menghemat pengeluaran. Namun sebenarnya hal itu bisa dimulai dari hal-hal kecil. Jika anda rajin melakukan penghematan kecil, pada akhirnya akan menjadi besar. Berikut adalah beberapa cara mudah menghemat pengeluaran:

  1. Masak di rumah. Jika anda mampu merealisasikan hal ini setiap hari, maka anda bisa menghemat pengeluaran cukup banyak. Secara hitung-hitungan kasar, memasak di rumah pasti akan lebih murah daripada membeli makanan di luar. Oleh sebab itu, sebisa mungkin luangkan waktu anda di pagi hari untuk memasak. Apalagi bagi anda ibu rumah tangga yang tidak memiliki kesibukan lain, memasak seharusnya menjadi agenda wajib untuk menghemat pengeluaran
  2. Buat kopi sendiri. Sepertinya terdengar simpel, namun banyak orang yang malas melakukannya. Harga kopi di kedai kopi bisa berlipat-lipat dari harga yang seharusnya, apalagi kedai kopi yang sudah terkenal. Hampir semua orang suka kopi, dan minimal kita meminum secangkir kopi setiap hari. Sekarang bandingkan berapa selisih harga kopi jika membuatnya di rumah degan membelinya di kedai kopi. Kalikan jumlah tersebut dengan berapa cangkir yang anda habiskan sebulan. Maka segitulah banyak uang yang bisa anda hemat.
  3. Buat daftar belanja sebelum shopping. Banyak orang yang lepas kontrol saat shopping karena tidak tahu apa yang harus dibeli. Oleh sebab itu, daftar belanja akan membantu anda untuk menghemat pengeluaran. Bawalah catatan kecil berisi daftar barang yang harus anda beli setiap kali ingin pergi shopping. Dengan begini jumlah belanjaan anda bisa lebih terkontrol.
  4. Hati-hati dengan produk yang mudah kadaluarsa. Jika ingin membeli makanan yang tidak tahan lama, jangan membeli dalam jumlah besar. Jika jumlahnya masih banyak namun sudah lewat tanggal kadaluarsa, siapa yang akan memakannya? Makanan yang tidak awet biasanya tanpa pengawet atau belum diolah seperti susu murni, daging mentah, yogurt, roti, dsb.
  5. Beli produk dalam jumlah besar. Tips menghemat pengeluaran ini mungkin sudah anda lakukan. Saat kita membeli  produk dalam jumlah besar, biasanya kita akan mendapatkan potongan harga. Belilah produk-produk yang selalu akan anda butuhkan, seperti bahan makanan, peralatan mandi, peralatan rumah tangga, dsb. Namun anda harus tetap memperkirakan jumlah belanjaan agar tidak berlebihan. Membeli barang untuk persiapan 3 bulan sudah cukup, jika lebih dari itu tidak efektif dan hanya memboroskan pengeluaran anda.
  6. Jangan beli merk. Sereal, beras, makanan ringan, minyak, dan produk lainnya memiliki merk yang beragam. Anda tentu sudah tahu bahwa merk memegang peranan penting dalam penentuan harga sebuah produk. Semakin terkenal sebuah brand, semakin mahal pula harganya walaupun kualitasnya sama saja dengan produk lain. Oleh sebab itu, jangan hanya memikirkan merk saat berbelanja. Jika anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang lebih murah, kenapa tidak? Jika anda mampu menjalankan aturan ini dengan ketat, anda pasti bisa berhemat cukup banyak.
  7. Bayarlah hutang dengan segera. Jika anda memiliki kebiasaan menunda-nunda membayar hutang, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Hidup jauh lebih menyenangkan tanpa lilitan hutang. Oleh sebab itu, jika anda memiliki uang lebih, sebaiknya dipakai untuk membayar hutang dulu daripada membeli barang baru. Tips penting lainnya adalah jika anda ingin meminjam uang atau mencicil barang, pilih yang bunganya kecil. Jangka waktu pembayaran akan mempengaruhi suku bunga. Semakin cepat anda bisa melunasi cicilan, semakin sedikit jumlah yang harus anda keluarkan.
  8. Bayar tagihan tepat waktu. Ini juga penting untuk menghemat pengeluaran. Membayar tepat waktu berarti anda tidak harus membayar denda. Denda adalah biaya tidak penting yang sebaiknya anda hindari saat melakukan pembelian atau penyewaan benda/jasa. Anda bisa melakukan hal ini dengan mengotomatisasi semua pembayaran anda. Jadi setiap kali anda harus membayar, uang akan langsung ditarik dari rekening anda.



Advertisement

Comment

Your email will not be displayed.